Pengaruh Layanan Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Tasikmalaya

Noneng Masitoh, Euis Rosidah, Ane Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh layanan digital banking terhadap kepuasan nasabah bank BNI Kantor Cabang Tasikmalaya, dengan variabel layanan digital diproksikan oleh reliability (X1), eficiency (X2) dan accesibility (X3). Desain penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sampel penelitian adalah nasabah BNI termasuk para dosen dan mahasiswa yang menjadi nasabah BNI sebesar 200 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisa data menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjakan bahwa terdapat pengaruh signifikan reliability, accesibility dan efficiency terhadap kepuasan nasabah baik secara simultan maupun parsial dengan besar pengaruh sebesar 59,5%.


Keywords


digital banking, reliability, efficiency, accessibility, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N.M.S. & Yasa, N.N. K. (2012). E-service quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan internet banking. Jurnal Keuangan dan Perbankan. 16, 293– 306.

Bank Indonesia, 2010, Statistik Ekonomi Regional Provinsi Bali Triwulan III Tahun 2010. Diakses melalui www.bi.go.id tanggal 15 Desember 2010.

Cooper, Donald R dan Emory, C William, 1995, Business Research Methods. Fifth Edition. New York. Richard D Irwin Inc.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giese, J. L. and Cote, J. A 2000, Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.

Kasmir. 2010. Dasar-dasar Perbankan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Latumaerissa. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat

Mardikawati, W., & Farida, N. (2013). Pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada pelanggan bus efisiensi (studi PO Efisiensi jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64–75.

Moenir, 2005. Manajemen Pelayanan

Umum di Indonesia. Bumi Aksara,

Jakarta

Maharsi, Sri dan Fenny, 2006, Analisa

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 8, No. 1, pp. 35-51

Sugiyono. 2018 . Metode Penelitian Kombonasi . Bandung : Alfabeta. Undang-Undang perbankan No. 10 Tahun 1998. Tentang Perubahan UndangUndang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/banku.v4i1.6812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

BanKu:Jurnal Perbankan dan Keuangan
Jurusan Perbankan dan Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya
Kode Pos 46115 Telepon: (0265) 323534

 

Creative Commons License
BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan by Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://http://jurnal.unsil.ac.id/banku

BanKu Stats