Analisis Kebutuhan Nasabah Atas Fitur Aplikasi BTN Mobile Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang

Salsabilla Ambayun Kusumaningrum, Mochammad Abdul Kodir, Teguh Budi Santosa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui tanggapan nasabah terkait layanan BTN Mobile serta kebutuhan nasabah terkait ketersediaan fitur aplikasi BTN Mobile. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Semarang yang mengunduh BTN Mobile, dengan sampel 105 orang responden. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik, dengan formasi metode statistik deskriptif rata-rata atau mean dari data yang yang disusun dalam tabel distribusi frekuensi.

Temuan analisis didapatkan bahwa rata-rata atau mean terendah pada komponen tanggapan nasabah adalah indikator kecepatan serta indikator ketersediaan fitur pada posisi tiga terbawah sedangkan pada nilai rata-rata tertinggi adalah indikator tampilan aplikasi. Untuk komponen kebutuhan nasabah, berdasarkan hasil analisis diperoleh niali rata-rata paling rendah pada indikator tersedianya fitur pembayaran taksi (bluebird) dan yang tertinggi indikator tersedianya fitur integrasi antara BTN Mobile dengan dompet digital. Perusahaan dapat mengambil Tindakan terkait tanggapan nasabah atas kecepatan dan ketersediaan fitur yang berada pada posisi paling rendah, dengan mengembangkan kecepatan akses serta ketersediaan fitur aplikasi BTN Mobile sesuai kebutuhan nasabah yaitu fitur integrasi antara BTN Mobile dengan dompet digital.

Kata Kunci: Tanggapan Nasabah, Kebutuhan Nasabah, Fitur


Keywords


Tanggapan Nasabah, Kebutuhan Nasabah, Fitur

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. M. (2019). Psikologi kepribadian kognitif. In Psikodimensia (Vol. 18, Issue 1).

Adzania, Ilza Ajrin and , Drs. Farid Wajdi, M.M., Ph.D (2015) Pengaruh Kualitas Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Pada Produk Samsung Galaxy Young S 6310 (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Agung, Anak A. P. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: UB Press.

Akhtar, S., Irfan, M., Kanwal, S., & Pitafi, A. H. (2019). Analysing UTAUT with trust toward Mobile banking adoption in China and Pakistan: extending with the effect of power distance and uncertainty avoidance. International Journal of Financial Innovation in Banking, 2(3), 183. httapis://doi.org/10.1504/ijfib.2019.102307

Ardiani, L., Sujaini, H., dan Tursina. (2020). Implementasi Sentiment Analysis Tanggapan Masyarakat Terhadap Pembangunan di Kota Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 8(2).

Arga Satria Antasari, Kertahadi dan Riyadi, Pengaruh Pengguna Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Cabang Bontang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 1, No. 2, April 2013, hlm 2.

Ariesta, A. (2021). Transaksi Mobile dan Internet Banking Melonjak 300 Persen di 2021. (www.idxchannel.com, 22 Juni 2022).

Bank BTN. Bank BTN Sahabat Keluarga Indonesia Diakses pada 1 Januari 2023 dari: httapis://www.btn.co.id/

Bank BTN. Tentang Kami-Bank BTN Diakses pada 10 Mei 2023 dari: httapis://www.btn.co.id/

Bungin, M. Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi (Format- Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Predana Media Group.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Haq, Ainul dan Aditio, Joerike Joeliana. 2018. Identifikasi Kebutuhan Konsumen Produk Mobil Etios Valco di PT. TMMIN. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI. Volume 4. Nomor 4.

Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Howe, N., & Strauss, W. (2009). Millennials Rising: The Next Great Generation. Vintage.

Murdiyanto, E., Akbar, T., & Sari, A. R. (2021). Digitalisasi sebagai upaya adaptif industri pasar modal di era disruption: dampak pada eksistensi WPPE di masa pandemi Covid-19. MBR (Management and Business Review), 5(2), 150-162.

Mutiasari, Anita Elvi dan Soemarso, Embun Duriany. 2020. Analisis Kepuasan Nasabah atas Kualitas Layanan Internet Banking pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Kantor Cabang Pati. Keunis Majalah Ilmiah. Volume 8. Nomer 2.

Natalia, O. dan Tesniwati, R. (2021). The Effect of Perception of Trust. Perception of Ease of Use. Perception of Benefits. Perception of Risk and Perception of Service Quality on Interest in Using Mobile Banking Bank Independent in Bekasi City. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5).

Ningtyas, D. R., Rizki, D. P., Ririh, K. R., dan Isharyadi, F. (2021). Analisis Kebutuhan Konsumen dalam Pengembangan Standar Pegangan Tangan pada Kereta Commuter Line. Jurnal Standarisasi, 23(3).

Rochmawati, N., Nailah, N., & Oktariadi, I. (2013). Penelusuran jejak makanan khas Semarang sebagai aset inventarisasi dan promosi wisata kuliner Jawa Tengah. DIPOIPTEKS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Undip, 1(1), 7-11.

Umaningsih, W. P. dan Wardani, D. W. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 5(3).

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wulandari, P. W. dan Moeliono, N. N. K. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking di Bandung. Jurnal Bisnis dan Iptek, 10(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/banku.v5i1.8173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

BanKu:Jurnal Perbankan dan Keuangan
Jurusan Perbankan dan Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya
Kode Pos 46115 Telepon: (0265) 323534

 

Creative Commons License
BanKu: Jurnal Perbankan dan Keuangan by Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://http://jurnal.unsil.ac.id/banku

BanKu Stats