Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus Di Kelas X

Muhammad Taufik Amin, Risma Delima Harahap

Abstract


Minat sangat menentukan hasil belajar siswa baik secara akademik maupun non akademik. Minat belajar siswa menurun dikarenakan faktor cara belajar yang kurang berkesan dan faktor media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 di SMA Negeri 2 Bilah Hilir pada mata virus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIAS-1 dan X MIA-2 dengan total sebanyak 65 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu pengumpulan data triangulasi menggunakan angket,  observasi, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan empat indikator didapatkan yaitu perasaan senang siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 74,57 %, perhatian siswa terhadap pelajaran sebesar 78,37%, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sebesar 77,58%, dan keterlibatan siswa terhadap pembelajaran sebesar 74,51%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan minat belajar siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 di SMA Negeri 2 Bilah terhadap materi virus adalah sangat tinggi.

Keywords


Minat Belajar; Pembelajaran Biologi; Virus

References


Affandi, Lalu Hamdian et al. 2020. “ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN 07 SILA PADA MASA PANDEMI COVID-19.â€

Afista, Yeyen, Ali Priyono, and Saihul Atho Alaul Huda. 2020. “Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di Mtsn 9 Madiun).†Journal of Education and Management Studies 3(6): 53–60.

Apriyanto, M Tohimin, and Lilis Herlina. 2020. “Analisis Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa.†Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika (1): 135–44. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774.

Bengkulu, Kota, Pada Mata, and Pelajaran Ipa. 2022. “ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI.†16(1): 1–6.

Cover, Journal. 2021. “Table Of Content Article Information ............................................†4: 1–12.

Covid-, Tengah Pandemi. 2022. “Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok.†2(2): 115–20.

Dalimunthe, Rizki Rahayu, Risma Delima Harahap, and Dahrul Aman Harahap. 2021. “Jurnal Basicedu.†5(3): 1341–48.

Fernandez, Vandi, Liza Fadillah Tunnisa, Nur Rahmatul Aulia, and Nurkhairo Hidayati. 2021. “MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT STUDENTS ’ INTEREST IN LEARNING BIOLOGY USING.†5: 17–22.

Ilmiah, Jurnal, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. 2017. “No Title.†2: 61–77.

Islam, Universitas, and Negeri Antasari. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Riinawati.†3(4): 2305–12.

Jember, Iain, and D I Tengah. “ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA TADRIS BIOLOGI.†(1).

Journal, Development et al. 2021. “MAKNA PEMINATAN AKADEMIK BAGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA.†7(2): 252–68.

Kaltum, Umi. 2020. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016 / 2017.†5(6).

Learning, Biology. 2021. “Apakah Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dapat Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA ?†07: 123–32.

Maulidina, Sundus, and Yoga Budi Bhakti. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika.†ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 6(2): 248.

Monita, Tisa, Ratih Dewi Sari, Madyus Randikai, and Ali Ibrahim. 2019. “ANALISIS PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA / I TERHADAP MEDIA.†5(1): 34–38.

Muliani, Rina Dwi. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.†2(2): 133–39.

Nurlia, Nurlia et al. 2017. “Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa.†Jurnal Pendidikan Biologi 6(2): 321–28.

Oktavian, Riskey, and Riantina Fitra Aldya. 2020. “INTEGRASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN.†3(1): 40–46.

Prestasi, Terhadap, and Belajar Fisika. 2019. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.†2.

Prihatini, Effiyati. 2017. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT.†7(2): 171–79.

Rihdo, Aldo, Dkk. 2022. “Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa.†Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4(4): 2172–80.

Studi, Program, Pendidikan Biologi, and Universitas Pelita Harapan. “KETERKAITAN METODE DAN MEDIA BERVARIASI DENGAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SMP Reisky Megawati Tammu Abstrak.â€

Suyetno, M et al. 2019. “Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Quasi Eksperimen ,.â€

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Utami, Andriani et al. 2022. “Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa.†11(1): 46–57.

Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3): 232–43.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING