PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Iffah Masruroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah noneviqualent control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest. Validasi penelitian ini adalah validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik dengan analisis uji Mann Whitney, karena data tidak terdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas V SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo dengan rata-rata nilai posttest 96 setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.  Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output “Test Statisticsâ€, yang menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Snowball Throwing; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juma'iyah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumnbuhan dengan Keterampilan Proses di Kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Education and Development Journal, Volume.3, No.1, 101-110.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 8 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol: 2 No: 1, 1-12.

Noviyanti, N. D., Wibawa, M. C., & Lestari, S. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2, 1-12.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thobroni. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz media




DOI: https://doi.org/10.34289/292828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING