Analisis Kebutuhan Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Etnis Melayu Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar pada Mata Kuliah Etnobotani
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Amalia, R. N., Pasani, C. F., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Literasi Sains dan Bermuatan Karakter Kreatif. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1). https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3371
Anggraini, A., Syafi'i, W., & L.N, F. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Mini Kingdom Plantae Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi Sma Kelas X. Biogenesis, 18(2). https://doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.122-131
Habiba, R., Ngabekti, S., & Indriyanti, D. R. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati Di Kabupaten Jepara Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Konservasi Lingkungan. Journal on Education, 6(1), 620-635. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2973
Hadiati, D., Retnoningsih, A., & Widiatningrum, T. (2022). Development of Medicinal Plants Ethnobotany Study-Based Encyclopedia as Plantae Study Media. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 7-15. https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.46127
Istyadji, M., & Sauqina. (2023). Conception of scientific literacy in the development of scientific literacy assessment tools: A systematic theoretical review. Journal of Turkish Science Education, 20(2), 281-308. https://doi.org/10.36681/tused.2023.016
Julianti, R., Asra, R., & Yelianti, U. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Masyarakat Kerinci Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA. Biodik, 7(01), 13-22. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11314
Martinah, A. A., Mubarok, V., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 192-218. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3251
Mistianah, M., Wijayanti, T., & Darmayanto, A. (2022). Pengembangan ensiklopedia etnobotani tanaman obat Suku Manggarai. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(4).
Muliana GH, & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434-441. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3082
Nanuayo, S., Sahusilawane, R. M., Sinmiasa, F. J., & Tamaela, K. (2023). Development of Ethnobotany E-Modules Based on Local Potential of Noaulu-Maluku Tribe for Senior High School Students: (Pengembangan E-Modul Etnobotani Berbasis Potensi Lokal Suku Noaulu-Maluku untuk Siswa SMA) Biodik, 9(4), 24–30. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/29407
Nasution, A., Chikmawati, T., Walujo, E. B., & Zuhud, E. A. M. (2018). Pemanfaatan Tumbuhan Obat Secara Empiris Pada Suku Mandailing Di Taman Nasional Batang Gadis Sumatera Utara. Jurnal Bioteknologi & Biosains Indonesia (JBBI), 5(1). https://doi.org/10.29122/jbbi.v5i1.2772
Prawati, L., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2024). Development of an Ethnobotanical Encyclopedia on the Antar Ajong Ceremony. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 3957-3967. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i7.8350
Putri, A. S., Zaini, M., & Kaspul, K. (2023). Validitas Buku Ensiklopedia Famili Meliaceae di Kebun Raya Banua Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pena Edukasi, 10(1). https://doi.org/10.54314/jpe.v10i1.1143
Rahmawati, Z., & Istiningsih, G. (2022). Analisis aspek literasi sains pasa buku siswa kurikulum 2013 kelas 4 tema 6. Jurnal Education and Development, 10(1), 217-222. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3318
Renita, A., Setyowati, E., Fauziah, A., & Purwanto, N. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1-6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797
Rosnawati, V., & Sunaryati, S. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi pada Materi Mollusca. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6622–6632. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2003
Rostikawati, R. T., & Susanto, L. H. (2019). Pengembangan ensiklopedia vertebrata untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa SMA Seminar Nasional SIMBIOSIS, Madiun. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/1362/0
Simatupang, H., Aryeni, A., & Purnama, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Penerapan Model Problem Solving Laboratory Pada Matakuliah Praktikum Biologi Sistem. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8436
Vonny, V., Nihlah, K., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2021). Mempromosikan Literasi Biologi kepada Siswa Sekolah Menengah: Pengembangan Instrumen Tes untuk Kelas VII. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 251-265. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3249
Wulandari, M., Suratno, S., & Sofyan, S. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1). https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290
Zaimah, U., Hasairin, A., & Diningrat, D. (2022). The Validity of The Encyclopedia Mandailing Ethnomedicine in The Area of Mount Sorik Marapi as a Student Learning Resource Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia,
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v10i1.13361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by



