Analisis Kebutuhan Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Etnis Melayu Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar pada Mata Kuliah Etnobotani

Rahmat Fajrin, Ashar Hasairin, Diky Setya Diningrat

Abstract


Sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah etnobotani cukup terbatas, terutama dalam pembahasan tumbuhan obat berbagai etnis di Indonesia. Pengembangan ensiklopedia berbasis literasi sains menjadi solusi potensial sebagai sumber belajar karena mampu menggabungkan informasi ilmiah dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, eksplorasi, dan keterhubungan fenomena nyata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara detail dan menganalisis data yang diperoleh dari angket mengenai kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar berbentuk ensiklopedia sebagai salah satu sumber belajar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket analisis kebutuhan pengembangan ensiklopedia tumbuhan obat. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi, Program Studi Biologi yang telah menyelesaikan mata kuliah etnobotani, dengan sampel sebanyak 31 orang yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan ensiklopedia tumbuhan obat etnis Melayu berbasis literasi sains. Hasil angket kemudian di analisis secara deskriptif menggunakan persentase. Dari hasil analisis didapatkan bahwa 100% mahasiswa menganggap perlu adanya bahan ajar yang membahas berbagai fenomena yang dijadikan pokok bahasan etnobotani tumbuhan obat dan disajikan dalam bentuk cetak serta perlunya pengembangan sumber belajar ensiklopedia yang dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dikembangkan ensiklopedia tumbuhan obat etnis Melayu berbasis literasi sains untuk digunakan pada mata kuliah etnobotani.

Keywords


Ensiklopedia; Etnobotani; Tumbuhan Obat; Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Amalia, R. N., Pasani, C. F., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Literasi Sains dan Bermuatan Karakter Kreatif. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1). https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3371

Anggraini, A., Syafi'i, W., & L.N, F. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Mini Kingdom Plantae Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi Sma Kelas X. Biogenesis, 18(2). https://doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.122-131

Habiba, R., Ngabekti, S., & Indriyanti, D. R. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati Di Kabupaten Jepara Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Konservasi Lingkungan. Journal on Education, 6(1), 620-635. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2973

Hadiati, D., Retnoningsih, A., & Widiatningrum, T. (2022). Development of Medicinal Plants Ethnobotany Study-Based Encyclopedia as Plantae Study Media. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 7-15. https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.46127

Istyadji, M., & Sauqina. (2023). Conception of scientific literacy in the development of scientific literacy assessment tools: A systematic theoretical review. Journal of Turkish Science Education, 20(2), 281-308. https://doi.org/10.36681/tused.2023.016

Julianti, R., Asra, R., & Yelianti, U. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Masyarakat Kerinci Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA. Biodik, 7(01), 13-22. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11314

Martinah, A. A., Mubarok, V., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 192-218. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3251

Mistianah, M., Wijayanti, T., & Darmayanto, A. (2022). Pengembangan ensiklopedia etnobotani tanaman obat Suku Manggarai. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(4).

Muliana GH, & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434-441. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3082

Nanuayo, S., Sahusilawane, R. M., Sinmiasa, F. J., & Tamaela, K. (2023). Development of Ethnobotany E-Modules Based on Local Potential of Noaulu-Maluku Tribe for Senior High School Students: (Pengembangan E-Modul Etnobotani Berbasis Potensi Lokal Suku Noaulu-Maluku untuk Siswa SMA) Biodik, 9(4), 24–30. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/29407

Nasution, A., Chikmawati, T., Walujo, E. B., & Zuhud, E. A. M. (2018). Pemanfaatan Tumbuhan Obat Secara Empiris Pada Suku Mandailing Di Taman Nasional Batang Gadis Sumatera Utara. Jurnal Bioteknologi & Biosains Indonesia (JBBI), 5(1). https://doi.org/10.29122/jbbi.v5i1.2772

Prawati, L., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2024). Development of an Ethnobotanical Encyclopedia on the Antar Ajong Ceremony. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 3957-3967. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i7.8350

Putri, A. S., Zaini, M., & Kaspul, K. (2023). Validitas Buku Ensiklopedia Famili Meliaceae di Kebun Raya Banua Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pena Edukasi, 10(1). https://doi.org/10.54314/jpe.v10i1.1143

Rahmawati, Z., & Istiningsih, G. (2022). Analisis aspek literasi sains pasa buku siswa kurikulum 2013 kelas 4 tema 6. Jurnal Education and Development, 10(1), 217-222. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3318

Renita, A., Setyowati, E., Fauziah, A., & Purwanto, N. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1-6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797

Rosnawati, V., & Sunaryati, S. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi pada Materi Mollusca. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6622–6632. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2003

Rostikawati, R. T., & Susanto, L. H. (2019). Pengembangan ensiklopedia vertebrata untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa SMA Seminar Nasional SIMBIOSIS, Madiun. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/1362/0

Simatupang, H., Aryeni, A., & Purnama, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Melalui Penerapan Model Problem Solving Laboratory Pada Matakuliah Praktikum Biologi Sistem. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8436

Vonny, V., Nihlah, K., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2021). Mempromosikan Literasi Biologi kepada Siswa Sekolah Menengah: Pengembangan Instrumen Tes untuk Kelas VII. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 251-265. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3249

Wulandari, M., Suratno, S., & Sofyan, S. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1). https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290

Zaimah, U., Hasairin, A., & Diningrat, D. (2022). The Validity of The Encyclopedia Mandailing Ethnomedicine in The Area of Mount Sorik Marapi as a Student Learning Resource Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia,




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v10i1.13361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING