Persepsi Siswa terhadap Keanekaragaman Hayati dan Pengetahuan Tumbuhan untuk Mengukur Literasi Tumbuhan Siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyoga, W., & Lukman, L. (2018). Persepsi dan adaptasi petani sayuran terhadap perubahan iklim di Sulawesi Selatan. Jurnal Hortikultura, 27(2). https://doi.org/10.21082/jhort.v27n2.2017.p279-296
Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). Potensi tumbuhan lokal sebagai sumber belajar biologi. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 1-6. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2166
Ashuri, N. M., Sa’adah, N. N., Setiawan, E., Ermavitalini, D., Saputro, T. B., & Nurhayati, A. P. D. (2021). Penanaman karakter peduli lingkungan melalui program edukasi konservasi keanekaragaman hayati sejak usia dini. Sewagati, 5(3), 240-248. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.29
Bupu, H., & Longa, M. K. (2023). Studi etnomedisin dalam pengobatan tradisional patah tulang bagi masyarakat etnis Ngadha, Kabupaten Ngada-Nusa Tenggara Timur. Jurnal Beta Kimia, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i1.9637
Dewi, A. F., & Sari, T. M. (2024). Pengembangan bahan ajar mikrobiologi berbasis pengelolaan limbah lokal. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 9-22. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/3986
Erythriana, C. N., Utomo, A. P., & Usman, A. (2023). Pemanfaatan Tumbuhan dalam Upacara Nyepi di Pura Luhur Giri Salaka Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1961
Hadi, E. E. W., Widyastuti, S. M., & Wahyuono, S. (2016). Keanekaragaman dan pemanfaatan tumbuhan bawah pada sistem agroforestri di perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo (Diversity and untilization of understorey in agroforestry system of Menoreh hill, Kulon Progo Regency). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23(2). https://doi.org/10.22146/jml.18792
Ibo, L. K., & Arifa, N. (2021). Ethnomedicine of medicinal plants used by Tribal Community in Kaliki Village, Merauke - Papua. Al-Kauniyah: Jurnal Biologi, 14(1), 90-100. https://doi.org/10.15408/kauniyah.v14i1.15877
Jayantini, I. G. A. S., Surata, S. P. K., & Paraniti, A. A. I. (2022). Eksplorasi keanekaragaman biokultur masyarakat adat: Analisis dokumen Desa Demulih Bangli di Bali dengan ATLAS.ti. Risenologi, 7(2), 36-46. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.72.306
Lee, S. M., Nichols, J. D., Lloyd, D., Sagari, S., Sagulu, F., Siregar, I. Z., Hartoyo, A. P. P., Henry, R., & Nurainas, N. (2021). The indigenous uses of plants from Siberut, Mentawai, Indonesia. Ethnobotany Research and Applications, 22. https://doi.org/10.32859/era.22.18.1-33
Liu, C., Yang, J., & Yin, L. (2021). Progress, achievements and prospects of biodiversity protection in Yunnan Province. Biodiversity Science, 29(2), 200-211. https://doi.org/10.17520/biods.2020082
Maesaroh, M., Elvianasti, M., Irdalisa, I., Astuti, Y., & Lestari, S. (2021). Profil kompetensi biologi peserta didik SMA berdasarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 27-35. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2690
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577-585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Nabaloum, A., Goetze, D., Ouedraogo, A., Porembski, S., & Thiombiano, A. (2022). Local perception of ecosystem services and their conservation in Sudanian savannas of Burkina Faso (West Africa). J Ethnobiol Ethnomed, 18(1), 8. https://doi.org/10.1186/s13002-022-00508-w
Neurohr, A.-L., Pasch, N., Bergmann-Gering, A., & Möller, A. (2024). Linking students’ interest in nature to their self-reported pro-environmental behavior and nature activities – A cross-sectional study in grade 5 to 9. The Journal of Environmental Education, 55(6), 460-479. https://doi.org/10.1080/00958964.2024.2364182
Pakpahan, T., Ryandita, F., Herawati, Y., Hasanah, S., Habibi, A., Hernawati, D., & Badriah, L. (2019). Pemanfaatan tumbuhan obat sebagai indigenous knowledge masyarakat Tasikmalaya serta peranannya dalam pembelajaran biologi berbasis etnopedagogik. Bioedusiana, 4(2), 25-30. https://doi.org/10.34289/285225
Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971
Pedrera, O., Ortega-Lasuen, U., Ruiz-González, A., Díez, J. R., & Barrutia, O. (2021). Branches of plant blindness and their relationship with biodiversity conceptualisation among secondary students. Journal of Biological Education, 57(3), 566-591. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1933133
Pitopang, R., & Ramawangsa, P. A. (2016). Potensi penelitian etnobotani di Sulawesi Tengah Indonesia. Natural Science: Journal of Science and Technology, 5(2). https://doi.org/10.22487/25411969.2016.v5.i2.6699
Purbani, D., Salim, H. L., Kusuma, L. P. A. C. S., Tussadiah, A. T., & Subandriyo, J. S. (2019). Mengukur ancaman gelombang ekstrim dan abrasi pada penggunaan lahan di pesisir Kepulauan Karimunjawa (Studi Kasus: Pulau Kemujan, PulauKarimunjawa, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil). Jurnal Kelautan Nasional, 14(1). https://doi.org/10.15578/jkn.v14i1.7207
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi media pembelajaran menggunakan AR (Augmented Reality) pada materi sistem pencernaan. Biodik, 10(2), 238-248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022
Riastuti, R. D., Widiya, M., & Hamdan, H. (2020). Inventarisasi ordo anura di kawasan air terjun Desa Sosokan Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 2(2), 84-91. https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i2.1750
Ridwan, R., Sriyati, S., Virijai, F., Azizah, C. N., & Mulya, B. S. (2024). Kajian etnobotani dalam indigenous knowledge arat sabulungan masyarakat mentawai sebagai aplikasi etnopedagogi dalam materi biologi pada Kurikulum Merdeka. Pedagogi Hayati: jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 1-11. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati/article/view/7485
Ridwan, R., Supriatno, B., Amprasto, A., Purwianingsih, W., Kusnadi, K., Azizah, C. N., & Mellyzar, M. (2024). Analisis dan rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) materi keanekeragaman hayati melalui petunjuk praktikum. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2360-2372. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6744
Rosadi, A. F., Rianto, A. K., Hadi, W., & Dallion, E. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA materi siklus air melalui model prolem based learning terhadap siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02. Kompetensi, 16(2), 45-54. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.159
Selvi, M., & Çelepçıkay İslam, E. (2021). The Predictors of Ninth Grade Students' Attitudes Towards Plants. Journal of Baltic Science Education, 20(1), 108-118. https://doi.org/10.33225/jbse/21.20.108
Sukmawan, S., & Putra, M. Z. E. (2023). Tradisi pujan kasanga: Mengungkap konsep keselarasan hidup masyarakat Tengger. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 173-184. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4350
Syahrir, S., Pujiriyanto, P., As, M., Nur, F. A. M., & Fitri, S. (2024). Primary school STEM education innovation through ICT integration for teacher competency development: A systematic literature review. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 47-61. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4896
Umami, M. (2022). Penerapan pengetahuan ekologi indigenous dalam pemanfaatan hewan sebagai upaya konservasi berkelanjutan di masyarakat Cirebon. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.54314/jpstm.v2i1.890
Virijai, F., Liliawati, W., Sriyati, S., & Ridwan, R. (2024). Ethnoscience study of tabuik pariaman, west sumatra in physics learning. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 5(1), 53-58. https://doi.org/10.30599/uteach.v5i1.845
Wardani, K. D. K. A., Jaya, K. A., Gorda, A. A. N. E. S., & Wulandari, N. G. A. A. M. T. (2023). Penguatan Desa wisata berbasis ekobudaya melalui edukasi TOGA bagi anak di Desa Apuan Bangli. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(4), 1404-1412. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.4909
Yovitasari, M., & Djazari, M. (2018). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, motivasi belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22052
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v10i1.13437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by



