Persepsi Siswa terhadap Keanekaragaman Hayati dan Pengetahuan Tumbuhan untuk Mengukur Literasi Tumbuhan Siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Ridwan Ridwan, Yayan Sanjaya, Rini Solihat, Rahmat Fahmi

Abstract


Penelitian ini penting karena literasi tumbuhan siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih minim, padahal pemahaman tentang keanekaragaman hayati sangat diperlukan untuk mendukung pelestarian lingkungan di wilayah yang kaya akan flora. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi tumbuhan siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan mengeksplorasi persepsi mereka terhadap keanekaragaman hayati dan pengetahuan tumbuhan yang ada di lingkungan mereka. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 302 siswa di tiga SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Analisis data dilakukan dengan uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji t, dan uji korelasi menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi siswa dengan lingkungan alam dan pengetahuan mereka tentang tumbuhan (r = 0.412, p < 0.05), dengan 16.9% variasi pengetahuan dapat dijelaskan oleh interaksi tersebut. Kesimpulannya, pendidikan lingkungan yang melibatkan pengalaman langsung di alam memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi tumbuhan siswa. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran tentang keanekaragaman hayati dan tumbuhan di SMA lebih banyak melibatkan kegiatan praktis di alam, serta memperkuat kurikulum berbasis pengalaman dan kerja sama dengan lembaga lingkungan.

Keywords


Literasi tumbuhan; Keanekaragaman hayati; Pendidikan lingkungan; Interaksi alam; SMA Kabupaten Kepulauan Mentawai

Full Text:

PDF

References


Adiyoga, W., & Lukman, L. (2018). Persepsi dan adaptasi petani sayuran terhadap perubahan iklim di Sulawesi Selatan. Jurnal Hortikultura, 27(2). https://doi.org/10.21082/jhort.v27n2.2017.p279-296

Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). Potensi tumbuhan lokal sebagai sumber belajar biologi. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 1-6. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2166

Ashuri, N. M., Sa’adah, N. N., Setiawan, E., Ermavitalini, D., Saputro, T. B., & Nurhayati, A. P. D. (2021). Penanaman karakter peduli lingkungan melalui program edukasi konservasi keanekaragaman hayati sejak usia dini. Sewagati, 5(3), 240-248. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.29

Bupu, H., & Longa, M. K. (2023). Studi etnomedisin dalam pengobatan tradisional patah tulang bagi masyarakat etnis Ngadha, Kabupaten Ngada-Nusa Tenggara Timur. Jurnal Beta Kimia, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i1.9637

Dewi, A. F., & Sari, T. M. (2024). Pengembangan bahan ajar mikrobiologi berbasis pengelolaan limbah lokal. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 9-22. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/3986

Erythriana, C. N., Utomo, A. P., & Usman, A. (2023). Pemanfaatan Tumbuhan dalam Upacara Nyepi di Pura Luhur Giri Salaka Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1961

Hadi, E. E. W., Widyastuti, S. M., & Wahyuono, S. (2016). Keanekaragaman dan pemanfaatan tumbuhan bawah pada sistem agroforestri di perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo (Diversity and untilization of understorey in agroforestry system of Menoreh hill, Kulon Progo Regency). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23(2). https://doi.org/10.22146/jml.18792

Ibo, L. K., & Arifa, N. (2021). Ethnomedicine of medicinal plants used by Tribal Community in Kaliki Village, Merauke - Papua. Al-Kauniyah: Jurnal Biologi, 14(1), 90-100. https://doi.org/10.15408/kauniyah.v14i1.15877

Jayantini, I. G. A. S., Surata, S. P. K., & Paraniti, A. A. I. (2022). Eksplorasi keanekaragaman biokultur masyarakat adat: Analisis dokumen Desa Demulih Bangli di Bali dengan ATLAS.ti. Risenologi, 7(2), 36-46. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.72.306

Lee, S. M., Nichols, J. D., Lloyd, D., Sagari, S., Sagulu, F., Siregar, I. Z., Hartoyo, A. P. P., Henry, R., & Nurainas, N. (2021). The indigenous uses of plants from Siberut, Mentawai, Indonesia. Ethnobotany Research and Applications, 22. https://doi.org/10.32859/era.22.18.1-33

Liu, C., Yang, J., & Yin, L. (2021). Progress, achievements and prospects of biodiversity protection in Yunnan Province. Biodiversity Science, 29(2), 200-211. https://doi.org/10.17520/biods.2020082

Maesaroh, M., Elvianasti, M., Irdalisa, I., Astuti, Y., & Lestari, S. (2021). Profil kompetensi biologi peserta didik SMA berdasarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 27-35. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2690

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577-585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Nabaloum, A., Goetze, D., Ouedraogo, A., Porembski, S., & Thiombiano, A. (2022). Local perception of ecosystem services and their conservation in Sudanian savannas of Burkina Faso (West Africa). J Ethnobiol Ethnomed, 18(1), 8. https://doi.org/10.1186/s13002-022-00508-w

Neurohr, A.-L., Pasch, N., Bergmann-Gering, A., & Möller, A. (2024). Linking students’ interest in nature to their self-reported pro-environmental behavior and nature activities – A cross-sectional study in grade 5 to 9. The Journal of Environmental Education, 55(6), 460-479. https://doi.org/10.1080/00958964.2024.2364182

Pakpahan, T., Ryandita, F., Herawati, Y., Hasanah, S., Habibi, A., Hernawati, D., & Badriah, L. (2019). Pemanfaatan tumbuhan obat sebagai indigenous knowledge masyarakat Tasikmalaya serta peranannya dalam pembelajaran biologi berbasis etnopedagogik. Bioedusiana, 4(2), 25-30. https://doi.org/10.34289/285225

Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971

Pedrera, O., Ortega-Lasuen, U., Ruiz-González, A., Díez, J. R., & Barrutia, O. (2021). Branches of plant blindness and their relationship with biodiversity conceptualisation among secondary students. Journal of Biological Education, 57(3), 566-591. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1933133

Pitopang, R., & Ramawangsa, P. A. (2016). Potensi penelitian etnobotani di Sulawesi Tengah Indonesia. Natural Science: Journal of Science and Technology, 5(2). https://doi.org/10.22487/25411969.2016.v5.i2.6699

Purbani, D., Salim, H. L., Kusuma, L. P. A. C. S., Tussadiah, A. T., & Subandriyo, J. S. (2019). Mengukur ancaman gelombang ekstrim dan abrasi pada penggunaan lahan di pesisir Kepulauan Karimunjawa (Studi Kasus: Pulau Kemujan, PulauKarimunjawa, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil). Jurnal Kelautan Nasional, 14(1). https://doi.org/10.15578/jkn.v14i1.7207

Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi media pembelajaran menggunakan AR (Augmented Reality) pada materi sistem pencernaan. Biodik, 10(2), 238-248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022

Riastuti, R. D., Widiya, M., & Hamdan, H. (2020). Inventarisasi ordo anura di kawasan air terjun Desa Sosokan Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 2(2), 84-91. https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i2.1750

Ridwan, R., Sriyati, S., Virijai, F., Azizah, C. N., & Mulya, B. S. (2024). Kajian etnobotani dalam indigenous knowledge arat sabulungan masyarakat mentawai sebagai aplikasi etnopedagogi dalam materi biologi pada Kurikulum Merdeka. Pedagogi Hayati: jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 1-11. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati/article/view/7485

Ridwan, R., Supriatno, B., Amprasto, A., Purwianingsih, W., Kusnadi, K., Azizah, C. N., & Mellyzar, M. (2024). Analisis dan rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) materi keanekeragaman hayati melalui petunjuk praktikum. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2360-2372. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6744

Rosadi, A. F., Rianto, A. K., Hadi, W., & Dallion, E. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA materi siklus air melalui model prolem based learning terhadap siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02. Kompetensi, 16(2), 45-54. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.159

Selvi, M., & Çelepçıkay İslam, E. (2021). The Predictors of Ninth Grade Students' Attitudes Towards Plants. Journal of Baltic Science Education, 20(1), 108-118. https://doi.org/10.33225/jbse/21.20.108

Sukmawan, S., & Putra, M. Z. E. (2023). Tradisi pujan kasanga: Mengungkap konsep keselarasan hidup masyarakat Tengger. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 173-184. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4350

Syahrir, S., Pujiriyanto, P., As, M., Nur, F. A. M., & Fitri, S. (2024). Primary school STEM education innovation through ICT integration for teacher competency development: A systematic literature review. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 47-61. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4896

Umami, M. (2022). Penerapan pengetahuan ekologi indigenous dalam pemanfaatan hewan sebagai upaya konservasi berkelanjutan di masyarakat Cirebon. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.54314/jpstm.v2i1.890

Virijai, F., Liliawati, W., Sriyati, S., & Ridwan, R. (2024). Ethnoscience study of tabuik pariaman, west sumatra in physics learning. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 5(1), 53-58. https://doi.org/10.30599/uteach.v5i1.845

Wardani, K. D. K. A., Jaya, K. A., Gorda, A. A. N. E. S., & Wulandari, N. G. A. A. M. T. (2023). Penguatan Desa wisata berbasis ekobudaya melalui edukasi TOGA bagi anak di Desa Apuan Bangli. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(4), 1404-1412. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.4909

Yovitasari, M., & Djazari, M. (2018). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, motivasi belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22052




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v10i1.13437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING