Meta-Analysis of Using Interactive E-Modul Based on Problem Based Learning on Excretion System to Improve Students Critical Thinking

Fatimah Suri, Hadi Purwanto

Abstract


Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan e-modul interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) kemudian menganalisisnya. Perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat, terlihat dari semakin beragamnya metode pembelajaran yang digunakan, dan pemanfaatan berbagai media yang berguna untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil  pembelajaran. Dari hasil analisis data diketahui beberapa jurnal Beberapa jurnal telah dilakukan pengembangan e-modul baik di bidang Pendidikan maupun di bidang lain. e-modul interaktif berbasis e-learning memang sudah banyak yang mengembangkan bahkan ada yang sudah mengembangkan E-modul interaktif pada materi Sistem Ekskresi berbasis PBL tetapi modul tersebut berbentuk cetak, tidak interaktif. Berdasarkan analisis beberapa jurnal sudah ada yang mengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada tingkat Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta pada materi Sistem Gerak Manusia. Namun berdasarkan hasil analisis peneliti dari beberapa jurnal belum ada yang mengembangkan e-modul Interaktif berbasis PBL pada materi sistem Ekskresi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Analisis beberapa jurnal e-modul Interaktif  termasuk kategori layak di gunakan karena e-modul interaktif merupakan penyajian konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga diharapkan siswa mengonstruksikan pengetahuan  serta memanfaatkan media pembelajaran, karena sangat penting bagi siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar, motivasi dan  pemahaman siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.


Keywords


Meta-analysis; E-modul Interaktif; Problem Based Learning; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Berlet, G. C. (2014). Critical Thinking. Foot & Ankle Specialist, 7(2), 94. https://doi.org/10.1177/1938640014525338

Demir, M., Bacanlı, H., Tarhan, S., & Dombaycı, M. A. (2011). Quadruple Thinking: Critical Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 545–551. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.066

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Gilakjani, A. P., Ismail, H. N., & Ahmadi, S. M. (2011). The Effect of Multimodal Learning Models on Language Teaching and Learning. Theory and Practice in Language Studies, 1(10). https://doi.org/10.4304/tpls.1.10.1321-1327

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Hartini, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6-16. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038

Hubing, N., Oglesby, D. B., Philpot, T. A., Yellamraju, V., Hall, R. H., & Flori, R. E. (2002). Interactive learning tools: Animating statics. ASEE Annual Conference Proceedings, 8857–8866. https://doi.org/10.18260/1-2--10367

Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 111. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798

Lai, E. R. (2011). Metacognition: A literature review. Always learning: Pearson research report. https://www.sciepub.com/reference/361478

Purwanto, H., Hamka, D., Ramadhani, W., Mulya, D., Suri, F., & Novaliza, M. (2020). Problematics Study of Natural Sciences ( IPA ) Online at Junior High School in the Time of the Pandemic Covid-19. Nternational Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 21, 188–195. https://ijpsat.org/index.php/ijpsat/article/view/1901

Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Laju Reaksi Development Of E-Module Interactive Chemistry Magazine Based Kvisoft Flipbook Maker On Reaction Rate Topic. Jurnal Zarah, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1352

Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/755

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wilson, Jennifer. 2012. Thinking Critically about Critical Thinking. Journal of Educational Philosophy and Theory, 44(5), 464-479 https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00673.x

Wina, S. (2008). Strategi Pembelajaran Standar Proses Pendidikan. Prenada media.

Zulaiha, F., Fisika, P. P., Nahdlatul, U., Cirebon, U., & Learning, P. B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. JPFS: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.65

Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantumberbasis Web Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222–235. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8712




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v9i1.2867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING