Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Synectics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Silva, Marungkil Pasaribu, and Sahrul Saehana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu.†JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 4(2):42.
Aztry, A., & Artikel, I. (2012). Keefektifan Model Sinektik Dan Penemuan Konsep Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Tingkat Kemandirian Siswa Kelas Vii Smp. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).
Anon. n.d. “The Application of Synectics Model To Improve.†2:27–38.
Bahri, Syamsul. 2017. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.†Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1):15.
Carin, A.A. & Sund, R. .. and Sofiatun Nisa’ Dwi Isti. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.†Jurnal PGSD 1(2):1–14.
Dewa Ketut Sukardiman, 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ekawati, Risma, E. Susetyarini, Yuni Pantiwati, and H. Husamah. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).†JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 1(3):298–306.
Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.†At-Tafkir 11(1):85.
Firdaus, Hilman M., Ari Widodo, and Diana Rochintaniawati. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Pembelajaran Biologi.†Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education 1(1):21.
Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah, and Herawati Susilo. 2015. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.†Jurnal Pendidikan Biologi 7(1):9–21.
Karwati, Uus. n.d. “Aplikasi Model Pembelajaran Sinektik ( Synectic Model ).†147–59.
Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(2), 197–208.
Munawaroh, Ai Nani, Asep Kurnia Jayadinata, and Ani Nur Aeni. 2017. “Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 (2017).†Jurnal Pena Ilmiah 2(1):2051–60.
Malang, U. N., & Timur, J. (2021). Jurnal Pendidikan Biologi PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE ENGAGEMENT EXPLORATION. 12, 16–21.
Nurokhmah, Nita, Ilah Nurlaelah, and Ina Setiawati. 2016. “Penerapan Model Sinektik Untuk Meminimalisir Konsep Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma.†8(2):54–62.
Rumbekwan, Y. O., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas VIII SMP 11 Manokwari. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 25. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.566
Suhana, N. (2019). Upaya Penigkatan Berpikir Kritis Dan Berikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal THEOREMS (The Original Research of…, 4(1), 42–48. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/viewFile/1420/1286
Triyanti, Merti and Usman Nulhakim. 2018. “Siswa Kelas X Menggunakan Model.†1(1):43–51.
Widiawati, Widiawati, Syamsurizal Syamsurizal, and Ardi Ardi. 2019. “The Analysis of Creative Thinking Ability of VII Class Student in Biology Learning at SMPN 25 (Junior High School 25) Padang.†Atrium Pendidikan Biologi 4(4):75–84.
Wicaksana, E. J., Atmaja, P., & Muthia, G. A. (2020). Jurnal Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22–29. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB
Zuhaida Asiathi, Wawancara, Setiling, Pukul 09.00, Kamis 13 Agustus 2020
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by