Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Synectics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa

Siti Rahmaniati, Risa Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dikelas VIII SMPN 3 Batukliang Utara pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 50 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang diambil secara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar berupa tes soal uraian pada materi sistem pencernaan manusia. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t independen dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran synectics terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran synectics.

Keywords


Model Pembelajaran Synectics; Kemampuan Berpikir Kreatif; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, Silva, Marungkil Pasaribu, and Sahrul Saehana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu.” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 4(2):42.

Aztry, A., & Artikel, I. (2012). Keefektifan Model Sinektik Dan Penemuan Konsep Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Tingkat Kemandirian Siswa Kelas Vii Smp. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).

Anon. n.d. “The Application of Synectics Model To Improve.” 2:27–38.

Bahri, Syamsul. 2017. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1):15.

Carin, A.A. & Sund, R. .. and Sofiatun Nisa’ Dwi Isti. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal PGSD 1(2):1–14.

Dewa Ketut Sukardiman, 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ekawati, Risma, E. Susetyarini, Yuni Pantiwati, and H. Husamah. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).” JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 1(3):298–306.

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir 11(1):85.

Firdaus, Hilman M., Ari Widodo, and Diana Rochintaniawati. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Pembelajaran Biologi.” Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education 1(1):21.

Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah, and Herawati Susilo. 2015. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.” Jurnal Pendidikan Biologi 7(1):9–21.

Karwati, Uus. n.d. “Aplikasi Model Pembelajaran Sinektik ( Synectic Model ).” 147–59.

Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(2), 197–208.

Munawaroh, Ai Nani, Asep Kurnia Jayadinata, and Ani Nur Aeni. 2017. “Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 (2017).” Jurnal Pena Ilmiah 2(1):2051–60.

Malang, U. N., & Timur, J. (2021). Jurnal Pendidikan Biologi PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE ENGAGEMENT EXPLORATION. 12, 16–21.

Nurokhmah, Nita, Ilah Nurlaelah, and Ina Setiawati. 2016. “Penerapan Model Sinektik Untuk Meminimalisir Konsep Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma.” 8(2):54–62.

Rumbekwan, Y. O., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas VIII SMP 11 Manokwari. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 25. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.566

Suhana, N. (2019). Upaya Penigkatan Berpikir Kritis Dan Berikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal THEOREMS (The Original Research of…, 4(1), 42–48. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/viewFile/1420/1286

Triyanti, Merti and Usman Nulhakim. 2018. “Siswa Kelas X Menggunakan Model.” 1(1):43–51.

Widiawati, Widiawati, Syamsurizal Syamsurizal, and Ardi Ardi. 2019. “The Analysis of Creative Thinking Ability of VII Class Student in Biology Learning at SMPN 25 (Junior High School 25) Padang.” Atrium Pendidikan Biologi 4(4):75–84.

Wicaksana, E. J., Atmaja, P., & Muthia, G. A. (2020). Jurnal Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22–29. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB

Zuhaida Asiathi, Wawancara, Setiling, Pukul 09.00, Kamis 13 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2919

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING