Pengembangan Virus Electronic Module Articulate Storyline 3 (Vieral) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah E-Module. E-module dapat dikembangkan dengan aplikasi Articulate Storyline 3. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa e-module berbasis articulate storyline pada materi virus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian siswa SMA kelas X di Bekasi. Instrumen yang digunakan berupa lebar validasi, kuesioner uji respon media dan tes berpikir kritis. Hasil uji validasi pada ahli media 1 memperoleh skor 80 dengan kriteria valid, pada ahli media 2 memperoleh skor 86 dengan kriteria valid, dan pada ahli materi memperoleh skor 92 degan hasil valid. Uji respon media vieral pada 26 siswa memperoleh hasil valid dan hasil instrumen tes berpikir kritis menunjukkan tidak ada peningkatan hasil postest. Hal ini dilihat dari uji N-gain yang memperoleh hasil 0,08 dengan kategori rendah dan masuk pada kriteria tidak efektif. Maka kesimpulannya media Vieral layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi virus, namun tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus.
Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297
Ariyanto, A., Kristiyanto, W. H., & Nugroho, R. A. (2021). Effect of interactive media, make a match and lecture method on learning virus achievement. Biosfer, 14(1), 36–53. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.17262
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Facione, P. A. (2015). Permission to Reprint for Non-Commercial Uses Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Peter A. Facione, Measured Reasons LLC.
Firmanshah, M. I., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Learning difficulties in comprehending virus and bacteria material for senior high schools. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10981
Gunadi, H., & Ramli, M. (2021). Various Teaching Methods and Models of Virus Learning at High School and College Level: A Systematic Review (Vol. 17, Issue 1).
Hake, R. R. (1999). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES* †. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855
Harahap, L. J., Ristanto, R. H., & Komala, R. (2020). Getting critical thinking about ecosystem: How impact and responses of students about the CirGi learning model? Biosfer, 13(1), 86–100. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n1.86-100
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Android-based Computer Assisted Instruction development as a learning resource for supporting self-regulated learning. International Journal of Instruction, 12(3), 389–404. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12324a
Hidayati, N., Pangestuti, A. A., & Prayitno, T. A. (2019). Edmodo mobile: developing e-module biology cell for online learning community. Biosfer, 12(1), 94–108. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.94-108
Indasah, S., Sulistiana, D., & Sholihah, M. (2013). Pengembangan Media Articulate storyline pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. BIOEDUKASI, 12(No. 1), 70–83.
Masrur, H., Corebima, A. D., & Ghofur, A. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Mutasi Gen Pada Matakuliah Genetika. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1160–1167.
Mayang Sari, A. (2021). The Integrated Physics Learning E-Module with Pancasila Character Values in Work and Energy Subjects as Solution to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Independence: Is It Effective? https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/index
Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., Ahmad, & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012011
Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225
Ruron, M. N., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2020). The Development Of Crossword Game Media On Virus Material. EDUSAINS, 12(2), 188–195. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.15095
Suarsana, I. M., Jurusan, G. A. M., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa (Vol. 2, Issue 2). http://eXelearning.org
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208
Suryanda, A., Ernawati, E., & Maulana, A. (2018). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v9i2.4227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by



