Kelayakan Media Flash Flipbook pada Submateri Peranan Jamur di Kelas X SMA
Abstract
Media flash flipbook merupakan media pembelajaran interaktif berupa buku elektronik yang dapat dibolak balik dan diakses melalui link, berisikan informasi yang dilengkapi dengan unsur audio, visualisasi gambar dan video tentang peranan jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dari media flash flipbook pada submateri peranan jamur kelas X SMA sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada Borg and Gall, namun dalam penelitian ini di batasi hanya sampai lima tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Hasil analisis validasi yang dilakukan oleh lima validator ahli materi dan ahli media dengan nilai rata-rata CVI 0,99 menunjukkan bahwa media flash flipbook dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri peranan jamur kelas X SMA.
Kata kunci: Media Flash Flipbook; Validasi; Submateri Peranan Jamur.
References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dahlia, Panjaitan, R.G.P., dan Wahyuni, E.S. (2018). Kelayakan Buku Saku Pada Submateri Sistem Endokrin Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11), 1-8.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149-162.
Febrianti, F.A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip Pdf Profesional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T.K., Tahrim, T., Anwari, A.M., Rahmat, A., Mardiana, Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. PT. Media Group.
Khairinal, Suratno, dan Aftiani, R.Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flipb Pdf Profesional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458-470.
Khotimah, S.K.S.H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi Di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4), 2149-2158.
Kurniasari, D.A.D., Rusilowati, A., dan Subekti, N. (2014). Pengembangan Buku Suplemen Ipa Terpdu Dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(2), 462-467.
Laila, N. & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD Negeri Janti II Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(13), 2381-1393.
Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Perdue University: Personnel Psycology Journal, 28(4), 563-575.
Nugroho, H. (2016). Kelayakan Media Flash Flipbook Pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1-10.
Nurhuda, A. (2019). Kelayakan Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Gen, Jenis, Dan Ekosistem Di Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1-13.
Nurrohim, M.R., Ardipal, dan Marzam. (2017). Pengaruh Audio Visual Pada Pembelajaran Musik Ensambel Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Pariman. E-jurnal Sendratasik, 6(1), 55-61.
Nuruliah, W. (2017). Kelayakan Media Flash Flipbook Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1-13.
Paramita, R., Panjaitan, R.G.P., dan Ariyanti, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88.
Rahmawati, I., panjaitan, R.G.P., dan Wahyuni, E.S. (2017)., 6 Pembuatan Media Komik Pada Subateri Metabolisme Karbohidrat Untuk Siswa SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1-9.
Rahmawati, I.S., Roekhan, dan Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel Dengan Micromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(7), 1323-1329.
Rasiman. (2014). Efektifitas Resource Based Learning Berbantuan Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(2), 34-41.
Setiyo, E., Zulhermanan, dan Harlin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip book Pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 Di Program Studi Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Inivasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 1-5.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Wahyuni, N., dan Linda, W. (2021). Penguasaan PUEBI Dan Keterkaitannya Dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. Literatur: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran,1(2), 86-92.
Widodo, E., Afandi, dan Candramila, W. (2021). Kelayakan Film Dokumenter Pada Materi Jenis-Jenis Bahan Pakan Kelas X SUPM Negeri Pontianak. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 248-265.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA Unesa.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.5572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by