Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Materi Sistem Koordinasi Manusia

Nurul Fadhilah H.M, Andi Tenri Ola Rivai, Syamsul Syamsul

Abstract


Materi sistem koordinasi manusia memiliki karakteristik yang kompleks dan abstrak sehingga sering menyulitkan siswa memahaminya. Diperlukan media pembelajaran interaktif untuk memvisualisasikan materi dan meningkatkan keterlibatan siswa guna mengatasi masalah rendahnya hasil belajar pada materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 serta menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Takalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,80. Tingkat kepraktisan media juga sangat tinggi, ditinjau dari respon guru (95,31%) dan respon siswa (85,18%) dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media terbukti dari tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dan perolehan nilai rata-rata N-gain skor 0,72, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem koordinasi manusia ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Keywords


Learning media; Articulate Storyline; Human coordination system; Media pembelajaran; Sistem koordinasi manusia

Full Text:

PDF

References


Amiroh (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Pustaka Ananda Srva

Cholilawati (2021). Teori Warna - Penerapan Dalam Fashion. PT Panca Terra Ferma. https://books.google.co.id/books?id=DMM0EAAAQBAJ

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2019). Efektifitas Media Pembelajaran berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. Algoritm. J. Math. Educ, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Enterprise, J. (2021). Jadi YouTuber A-Z (Update Version). Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=m14zEAAAQBAJ

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA. AREA-D American Education Research Association’s Devision. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hartanto, S., M. P. T. (2020). Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=LV8MEAAAQBAJ

Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, M. P. R. E. H., & Kp, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta’dib, 16 (1). DOI: http://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Hidayati, N. (2017). Efektivitas pembelajaran menggunakan multimedia interaktif (Adobe Flash CS6) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Jurug Sewon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1883

Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Pena Salsabila.

Huda, A., (2019). Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop Dan Sablon Digital). UNP PRESS. https://books.google.co.id/books?id=mDUQEAAAQBAJ

Lestari, P. I., Riyanti, R., Murti, W., Ernawati, E., Nur, R. A., & Ilham, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Eco Garbage Enzyme Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biotek, 9(1), 60–74. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/20135

Rivai, A. T. O. (2019). Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Peningkatan Hasil Belajar. Seminar Nasional Biologi, 151-156. Makassar : Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10527

Safitri, S. A. N., Rijanto, T., Ningrum, L. E. C., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan e-modul sebagai media belajar pada materi pemrograman dasar bahasa c untuk siswa kelas X program keahlian teknik audio video di SMK 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(3), 399–407. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n03.p399-407

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Shafira, A., Rosayanti, F., & Baedowi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Konsep Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV. JANACITTA, 1(2). http://doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.20

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Sodiq, M. Y. F., Sholihah, M., & Anggraini, D. P. (2021). Media Dominasi (Domino Sistem Koordinasi) untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 99–107. http://doi.org/10.17977/um052v12i2p99-107

Stephen, A. (2007). File Piracy. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=SU1bDwAAQBAJ

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sulistyorini, D. (2010). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar pada siswa kelas v sdn sawojajar v kota malang. J-TQIP: Jurnal Peningkatan Kualitas Guru, 1(1), 12–19.

Thouids, M. (2015). How to Desain World Class Slide Presentation. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=eqJLDwAAQBAJ

Widoyoko, E. P. (n.d.). Evaluasi program pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v9i2.5713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING