PENGARUH DIAGRAM VEE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Egi Nuryadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media diagram vee terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 161 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup berjumlah 30 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media diagram vee terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34289/277881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING