KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MAJALENGKA SEBAGAI KOMPETENSI MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN
Abstract
Masalah pokok dalam peneltian ini adalah menganalisis keterampilan mahasiswa pendidikan biologi dalam mengidentifikasi tumbuhan sebagai kompetensi matakuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan mahasiswa dalam mencari spesimen yang ditemukan berdasarkan kelompok yang berbeda yaitu kelompok tiga yang pencapaian sangat tinggi sekitar 33,3 %, kelompok satu 26,6% dan 22,8% untuk mahasiswa kelompok dua. Sedangkan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator yang dicapai hanya ada mahasiswa terlihat mampu dalam indikator mengamati ciri-ciri spesimen tumbuhan sedangkan indikator lainnya belum mencapai hasil yang maksimal. Mahasiswa kelompok satu dan kelompok tiga yang mampu mencapai hasil maksimal yaitu rata-rata skor 2,8 (kategori baik) sedangkan indikator yang lainnya tidak mencapai hasil yang maksimal (tidak baik) yaitu rata-rata skor 2,1-2,6..
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34289/277887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by