PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM INDERA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

Vina Amalia Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik pada konsep sistem indera manusia di kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Juni 2018 di MAN 1 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu, kelas XI MIA 4 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI MIA 5 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction, yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik pada konsep sistem indera. Tes kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan soal uraian sebanyak 12 nomor, dan retensi diukur dengan menggunakan soal uraian singkat sebanyak 24 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan, ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik serta ada hubungan kemampuan berpikir kritis dengan retensi peserta didik pada konsep sistem indera manusia di kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya.

Keywords


Guided inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis, Retensi, Sistem Indera

Full Text:

PDF

References


Antika, Linda Tri, et al. (2013). “Perbandingan Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Antara Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dan Rendah Kelas X SMA Di Malang Melalui Strategi Problem Based Learning (PBL)â€. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM. Malang.

Ardila, Cahyani, et al. (2013). “Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Retensi Siswa Kelas X Dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malangâ€. Online Journal of the State University of Malang, Indonesia . Malang.

Creswell, John W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Fauziyah, Dyah Ratna, et al. (2013). “Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malangâ€. Biology Education. Malang.

Kartika, Santi. et.al. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (2).

Sarwono, Jonathan. (2012). IBM SPSS Advanced Statistic. Yogyakarta: C. V Andi Offset

Silmiati, N. Y. (2017). “Perbandingan retensi siswa SMP pada pembelajaran IPA terpadu konsep cahaya antara model pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran inkuiriâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). Tasikmalaya

Sularso, A., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2015). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Bio-Pedagogi , 4 (2). 1–4. Surakarta.

Sutama, I. Nyoman, et al. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapuraâ€. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1). Singaraja.




DOI: https://doi.org/10.34289/292825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING