PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Desi Hardiyati, Purwati K Suprapto, Regie Khaerusifa

Abstract


Secara kultural pendidikan tidak hanya bermakna mendapatkan pengetahuan mapupun kebiasaan yang berlaku terhadap masyarakat melainkan juga cara-cara bagaimana menyesuaikan dengan lingkungan fisik maupun sosial budayanya. Cara-cara penyesuaian diri tersebut itu tidak hanya menyangkut pergaulan anatar individu dengan individu, melainkan juga dalam pergaulan dengan kelompok di dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi sosial yang dilakukan terhadap lingkungannya pun tentulah sangat berlaku. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan memusatkan pada berpikir kritis ini cenderung masih kurang dilakukan. Padahal dengan kemampuan berpikir kritis ini bisa lebih baik dalam pemecahan masalah yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran problem solving merupakan bekal untuk peserta didik menjalani kehidupan dalam memecahkan masalah. Metode penelitian yang diambil penulis dengan cara studi literature, mencari referensi baik secara online atau pun dengan studi pustaka. dengan menghadirkan Geomi untuk menarik perhatian peserta didik dalam memahami materi mitigasi bencana lewat media grafis. Dengan menggunakan Geomik peserta didik akan disuguhi gembar kemudian peserta didik akan menarik satu masalah kemdian peserta didik akan memecahkan maslaah tersebut dan bisa menyimpulakn materi yang ada dalam media Geomik. Dengan kemampuan mengambil maslaah maka akan menggerakkan peserta didik untuk berfikir tingkat tinggi atau disebut dengan berfikir kritis. Dengan begitu peserta didik akan jauh lebih mudah memahami dan mengingat materi yang disampaikan dan mampu meningkatakan hasil belajar peserta didik.

 


Keywords


Kata kunci : problem solving, Geomi, Berfikir kritis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayu, Dewa Diah Andyani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika . diakses http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14410)

Birsyada, Ibad. (2016). Pendidikan Berkarakter Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Buchanan, Shelly Marei. 2020. Inquiry Based Learning models, information literacy, and student engagemenet. A literature review.

Cheng,Huan Chen. 2019. Revisting the effects of project-based learning on students’ academia achievement

Hutaluju. 2019. The Effect Of Mathematical Disposition And Learning Motivation On Problem Solving: An Analysis. Diakses Http://E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Infinity/Article/View/1286

Islamul Wahyu Hayati, Sugeng Utaya. 2016. Efektivitas Student Worksheet berbasisi PJBL dalama menumbuhkan kemampuan berfikir bervbasisi kritis siswa dalam mata pelajaran Geografi.

Jose,Maria Terron Lopez. 2016, Implementation of a project based engineering school: increasing studentmotivation and relevant learning.

Perdana, Sukma Prasetya. (2015). Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta : Penertbit Ombak dua.

Marissa, Novaria.2017. Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Di akses http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/25/15

Ristriasari, Tia. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. di akses https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1498/1445 (tia)

.Wulandari Via, Zainul Abidin. 2019. Pengembangan Media pembelajaran e-book sebagai penguatan kognitif siswa kelas X MIA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GEOSEE