Vol 3, No 1 (2022)

Juni 2022


Cover Page

Jurnal GEOSEE Vol. 3 No 1, Juni 2022 menerbitkan beberapa kajian dalam bidang pendidikan geografi yang cukup beragam. karya tulis ilmiah dalam bidang pendidikan geografi yang ditulis oleh penulis pada edisi Mei 2022 mengangkat tema  upaya untuk peningkatan dan pengembangan minat peserta didik terhadap pembelajaran geografi dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta isu permasalahan pembelajara secara online  di daerah 3T. Metode studi kasus yang dilakukan penulis terhadap permasalahan pembelajaran berbasis online di daerah 3T menarik untuk dibaca agar  menjadi renungan untuk megambil tindakan nyata bahwa terdapat jurang yang cukup besar antara kondisi pendidikan di kota dengan pendidikan di pinggiran.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, pada dasarnya guru bisa menggunakan lingkungan sekitar untuk dimaksimalkan sebagai bahan pembelajaran. salah satu artikel dalam edisi ini secara khusus membahas penggunaan silabus berbasis kemaritiman untuk mengembangkan pengetahuan dan minat peserta didik di SMA. Penelitian ini cukup relevan mengingat negara Indonesia merupakan Negara maritim sehingga perlu adanya penelitian untuk mengetahui model pendidikan berorientasi kelautan yang sesuai dengan karakteristik dengan peserta didik. 

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa juga diangkat dalam salah satu artikel pada edisi Juni 2022 ini. dimana kemampuan berpikir kritis merupakan merupakan softskill yang harus dimiliki oleh siapa saja agar dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapinya. di dalamnya  diuraikan bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang dipergunakan di kelas dipadukan dengan media geomik menjadi artikel yang sangat menarik. 

Selain artikel yang berkaitan dengan pendidikan, dua artikel lainnya yang diterbitkan  di dalam edisi Juni 2022 ini  membahas isu sampah, dimana sampah merupakan masalah yang seolah mendarah daging khususnya pada masyarakat Indonesia.  Program bank sampah khusus dibahas di dalam salah satu artikel pada edisi ini ditawarkan sebagai salah satu solusi guna mengurangi permasalahan sampah. 

Program bank sampah sebagai solusi permasalahan sampah di Indonesia bukan tanpa hambatan. masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat adanya bank  sampah sehingga perlu bibimbingan yang berkelanjutan agar program yang baik ini dapat berjalan semestinya. 

Berbagai artikel dalam bidang pendidikan yang diterbitkan pada edisi Juni 2022 ini menunjukan bentuk kepedulian penulis terhadap kemajuan pendidikan di tanah air. kajian kajian tersebut dapat dijadikan referensi dan kontribusi terhadap pengetahuan serta kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.