SILABUS BERBASIS KEMARITIMAN UNTUK PENGEMBANGAN PENGETAHUAN DAN MINAT PESERTA DIDIK SMA DI KAWASAN DAS TENGAH CI LIWUNG

Ardhani Setiawan, Arizqeine Pawiranata, Farah Fauzziyyah Isnaeni, Salsabila Ainun Madiah, Poerty Sity Nur Azizah, Tamarina Somara Doria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Model Pendidikan Berorientasi Kelautan Yang Sesuai Dengan Karakteristik Murid SMA Di Sekitar Wilayah Sungai Ci Liwung Tengah. Hasil dari Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya peserta didik terkait kemaritiman, dapat meningkatkan minat dan ketertarikan khususnya peserta didik terhadap kemaritiman atau kelautan khususnya di wilayah das tengah Ci Liwung serta  dapat mengajak peserta didik untuk dapat berpikir berorientasi laut. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen dari hasil wawancara, observasi, kuesioner, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola , memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik terkait kemaritiman namun minat dan ketertarikan peserta didik terhadap kemaritiman masih sangat kurang.


Full Text:

PDF

References


Ambarawati, M. (2020). Analisis keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada mata kuliah micro teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81-90.

Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asriati, N. (2012). Mengembangkan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2).

Badan Informasi Geospasial. (2015). Paradigma GEOMARITIM : Strategi Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia dalam Perspektif Geografi. Badan Informasi Geospasial (BIG) didukung oleh Ikatan Geograf indonesia (IGI).

Irawan, pengki. (2012). Potensi Air Tanah di DAS Ci liwung. Thesis, Institut Pertanian Bogor. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian, Bogor. Diakses melalui https://123dok.com/document/7q09vj9q-groundwater-potential-at-ciliwung-river-basin.html pada 05 April 2022.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jasa Kelautan. https://kkp.go.id/djprl/bpsplpadang/page/273-jasa-kelautan. Diakses pada 12 April 2022.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. Produksi Perikanan. https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=prod_ikan_prov&i=2. Diakses pada 12 April 2022.

Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Rpp Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Di Sekolah Dasar. Prima Edukasia, 190 - 201.

Nana Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruhendi,n Heru. Analisa Banjir Jakarta Tahun 2012-2013. Diakses melalui https://konservasidasciliwung.files.wordpress.com/2013/05/analisa_banjir_jakarta2012_2013.pdf pada 5 April 2022.

Sagala, S. (2008). Silabus sebagai landasan pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran bagi guru yang profesional. Jurnal Tabularasa, 5(1), 11-22.

Thabroni, gamal. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb. https://serupa.id/evaluasi-pembelajaran/. Diakses pada 12 April 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GEOSEE