ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Ida Hindayati

Abstract


Pembelajaran dapat diperoleh peserta didik tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun di luar lingkungan sekolah peserta didik dapat menggali pengetahuan terkait materi di kelas melalui metode pembelajaran field trip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran field trip terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan dari penelitian yang relevan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa metode pembelajaran field trip merupakan metode pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik untuk belajar ke suatu tempat secara langsung sesuai dengan materi yang sedang dipelajarinya; metode pembelajaran field trip dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi salah satunya adalah dengan menggunakan metode field trip pada peserta didiknya.

Keywords


Metode Pembelajaran, Field Trip, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abimanayu, Soli dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Dhi Bramasta, Sutomo dan Sriyanto. (2022). Inovasi Pembelajaran IPS dengan Implementasi Metode Field Trip. Proceedings of Social Studies Learning Challenge in the 21st Century.

Dohn NB. 2013. Upper secondary students’ situational interest: a case study of the role of a zoo visit in a biology class. International Journal of Science Education 35 (16): 2732-2751.

Eka Nur Annisa (2013) Efektivitas Open Ended Approach Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Diakses dari http://www.eprints.ums.ac.id/24466/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Julaeha, Siti. (2108). Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang. 1(2): 310-323.

Khanafiyah S & D Yulianti. 2013. Model problem based instruction pada perkuliahan Fisika Lingkungan untuk mengembangkan sikap kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013): 35-42.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mulyana R. 2009. Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 6 (2): 175- 180

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung : Alfabeta, 2010), 62.

Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiyanto, Bayu. (2017). Penerapan Metode Field Trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Jurnal Pendidikan Cakrawala. 11(2): 159-169.

Yuliati, Tika dan Nana Kariada Tri Martuti. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 2(2): 178-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 GEOSEE