PERSEPSI SISWA SMA/MA NEGERI DI KECAMATAN TANAH GROGOT TENTANG KURIKULUM MERDEKA

Widya Pebriananda wahyuda, Aisyah Trees Sandy, Iya’ Setyasih

Abstract


Kurikulum merdeka sebuah kurikulum yang mengedepankan kreativitas dan karakter siswa dalam meningkatkan proses pembelajaran. Perubahan kurikulum ini dapat membuktikan adanya perkembangan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Kurikulum merdeka akan menimbulkan persepsi yang beragam dari siswa. Persepsi muncul karena perbedaan pemahaman tentang kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa di SMA/MA negeri kecamatan Tanah Grogot tentang  Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA/MA Negeri Tanah Grogot dengan jumlah populasi 585 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel Quota Sampling dengan jumlah sampel  176 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa  SMA/MA Negeri di kecamatan Tanah Grogot mayoritas menyatakan setuju dengan penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat kecenderungan siswa memahami pembelajaran kurikulum merdeka dan merasakan perasaan senang saat menggunakan pembelajaran kurikulum merdeka.

Keywords


Persepsi, Siswa, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 GEOSEE