SISTEM PENGAMAN LOKER DENGAN MENGGUNAKAN DETEKSI WAJAH

Wahyu Sulaeman, Erna Alimudin, Arif Sumardiono

Abstract


Saat ini sistem keamanan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari – hari, seperti sistem keamanan loker di kampus atau sekolah. Banyak sekali terjadi aksi pencurian yang di karenakan sistem keamanan tidak terproteksi dengan baik. Biasanya loker-loker saat ini hanya menggunakan kunci konvensional. Penggunaan kunci konvensional kurang praktis pada zaman sekarang, karena kunci tersebut masih bisa diperbanyak. Sistem keamanan dengan kunci konvensional juga sering terjadi pada keberadaan kunci tersebut. Terkadang kita lupa menaruh atau tak sengaja jatuh lalu kemudian hilang. Kurangnya pengawasan pada loker konvensional juga menimbulkan kemungkinan terjadi pembobolan secara paksa tanpa sepengetahuan pemilik loker. Pada penelitian tugas akhir ini menggunakan mikrokontroller Raspberry Pi type 3 yang mendapat data dari hasil rekaman Webcam Logitech untuk menggerakan relay dan selenoid. Sistem ini juga dilengkapi dengan tampilan check in, check out dan buka loker yang ditampilkan pada LCD supaya mudah dan siapapun bisa mengakses. Dari hasil penelitian yang dilakukan jika semua komponen bekerja dengan baik maka diperoleh nilai kesensitifan kamera sebesar 60 % dari 20 kali percobaan.


Full Text:

PDF

References


Rahayu, A. U. (2021). Sistem Monitoring Perilaku Pengendara Mobil Berbasis Internet of Things. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 5(01), 18-24.

Syahrial, M. (2017). TA: Rancang Bangun Peminjaman Loker Menggunakan RFID dan Metode Face Recognition (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Miftah, M. (2016). Pengamanan Laptop Menggunakan Pengenalan Wajah Berbasis Triangle Face. Journal of Applied Intelligent System, 1(1), 22-35.

Wivanius, N., Wijanarko, H., & Novian, T. R. (2019). Sistem Keamanan Loker Berbasis GSM Module, Bluetooth Module dan Reed Sensor. Jurnal Elektro dan Mesin Terapan, 5(1), 38-47.

Annisa, S., Lubis, Z., & Aryza, S. (2019). Metode Baru Untuk Pintu Loker Dengan Sistem Keamanan Wajah Menggunakan Algoritma Backpropagation. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 9-13

HERLAMBANG, M. D. (2016). Rancang Bangun Keamanan Loker Dengan Autentifikasi Wajah Dan Password Berbasis Raspberry Pi Dengan Notifikasi Keamanan Via Android (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Sugiyatno, S., & Suroso, A. (2017). Implementasi Raspberry Pi Sebagai IP Kamera untuk Memonitoring Studio Bioskop. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1(1), 5-10.

Kurniawan, D. E., & Fani, S. (2017). Perancangan sistem kamera pengawas berbasis perangkat bergerak menggunakan raspberry pi. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 3(2).

Desyansari, B. E. (2016). PEMANTAUAN JARAK JAUH KAMAR BERBASIS RASPBERRY PI TERINTEGRASI VIA INTERNET (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang)




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v3i2.4756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: