PENGARUH GREEN MARKETING, BRAND IMAGE, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI GREENHOST BOUTIQUE PRAWIROTAMANYOGYAKARTA

Dedi Rianto Rahadi, C. Catur Widayati, Islahulben Islahulben, Era Ernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Marketing, Brand Image dan Service Quality terhadap Keputusan Menginap di Greenhost Boutique Prawirotaman, Yogyakarta.Unit analisis pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah menginap di Greenhost Boutique Prawirotaman,Yogyakarta yaitu masyarakat DKI Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 170 responden.Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive sampling dengan rumus Hair. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Green Marketing, Brand Image, dan Service Quality berpengaruh terhadap Keputusan Menginapdi Greenhost Boutique Prawirotaman,Yogyakarta

Keywords


green marketing, brand image, service quality, keputusan menginap

Full Text:

PDF

References


Hartono, Jogiyanto. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis (Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Jerry C. Olson. (2018). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Edisi 9.Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler dan Keller.(2012). Manajemen Pemasaran, jilid I Edisi ke 13, Erlangga Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Amstrong.(2014). Principle of Marketing. 14 Edition. England: Pearson Education, Inc.

Sumarwan, dkk. (2012). Riset Pemasaran dan Konsumen. PT Penerbit IPB Press. Bogor.

Tjiptono, Fandy. (2014). Service Quality and Satisfaction.Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta.

Jurnal

Agustin, R.D. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22 (2).

Arimbawa, I. G. S., & Ekawati, N. W. (2017).Pengaruh Penerapan Green Marketing terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk. E-Jurnal Manajemen, 6(5), 2582-2608.

Dimyati, M., Kartikasari, M. D., & Sukarno, H. (2018).Pengaruh Green Marketing dan Pengetahuan Terhadap keputusan Pembelian dengan Mediasi minat Membeli konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Jember. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 172-177.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada hotel Manado Grace inn. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Isa, Muzakar., Mardalis, Ahmad., dan Mangifera, Liana. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20 (1).

Isa, M., & Istikomah, R. (2020).Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(2), 98-110.

Iskandar, H. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel X. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 6(2), 93-105

Jumiati, J., Sudarwati, S., & Widayanti, R. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Promosi, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Menginap Dihotel Sala View Solo. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 4(2), 196-208.

Manongko, A. A. C. (2015). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani hortikultura di Kabupaten Minahasa (studi pendidikan ekonomi rumah tangga)/Allen A. Ch. Manongko (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Panungkelan, L., Tumbel, A., & Tawas, H. (2018).Analisis Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1178-1187

Permadi, F. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel The Jayakarta Sp And Spa (Studi Kasus Pada Konsumen Hotel The Jayakarta Sp And Spa, Jakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Prabatha, D. K. (2020).Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pada Kegiatan Event Olahraga Perusahaan Repetitif Terhadap Kebahagiaan Karyawan Pt Pertamina (Persero) Refinery Unit III. FIRM Journal of Management Studies, 5(2), 99-110.

Purnama, P. A. I., & Adi, N. R. (2019).Green Marketing dan Quality Brand Sebagai Prediktor Perilaku Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 185-205.

Rani, F. P., Kusuma, H. E., & Ardhyanto, A. (2018). Pariwisata Pusaka: Destinasi Dan Motivasi Wisata Di Pusaka Saujana Imogiri Yogyakarta. Jurnal Planologi, 15(2), 149-163.

Riyanto, M., & Masjud, Y. I. (2017).Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat beli Sebagai Variabel Mediasi. FIRM Journal of Management Studies, 2(2), 1-12

Rosalina, J., & Silitonga, P. (2018).Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Di Fave Hotel Ahmad Yani Bekasi. STEIN eRepository, 13(2).

Rumambi, M. K., Soegoto, A. S., & Jorie, R. J. (2019).Pengaruh Bauran Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Grand Luley Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Safera Mahendra, Y., & Cempena, I. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas Kutorejo Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Soltani, M., Esfidani, M. R., Jandaghi, G., & Soltaninejad, N. (2016).The effect of service quality on private brand image and purchase intention in the chain stores of ETKA. World Scientific News, 47(2), 202-216.

Sugianto, S. A. L. (2017). Pengaruh green product, service quality, dan brand image terhadap customer satisfaction pada The Body Shop di Surabaya (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Tyas, A. A. W. P., & Kenny, A. (2016).Pengaruh Service Quality dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Inul Vizta Karaoke di Jakarta (Studi Kasus Pada Kepuasan Konsumen Inul Vizta Karaoke di Jakarta). Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 79542.

Wardhana, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia [Effect of Mobile Banking (M-Banking) Service Quality on Customer Satisfaction in Indonesia]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 10(2), 273-284.

Yosep, C. (2016). The influence of service quality on customer satisfaction in Gran Puri Hotel Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.