PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA TASIKMALAYA

Heri Herdiana, Alfin NF Mufreni

Abstract


This objectives of this research are to determine the effect of partially and simultaneously between leadership contingency and organizational climate on employee performance in the Office Employment BPJS Tasikmalaya. The population in this study were all employees in the Office of Employment BPJS Tasimalaya as many as 102 people. Data analysis technique using path analysis. The results showed that the leadership contingency and organizational climate effect the performance of the employee in the Office of the employment BPJS Tasikmalaya City for 0,518 or 51,8%. Employment is expected BPJS office has a leader who is really smart in managing strategy and be able to see the situation can improve the performance of their employees by way of selecting and fit and proper test for perspective leaders.

Keywords:leadership contingency; organizational climate; employee perfomance.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan antara kepemimpinan situasional dan iklim organisasi terhadap prestasi kerja karyawan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya yaitu sebanyak 102 orang. Teknik Analisa data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional dan iklim organisasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya sebesar 0,518 atau 51,8%. Diharapkan Kantor BPJS Ketenagakerjaan mempunyai pemimpin yang benar-benar cerdas dalam mengatur strategi serta mampu melihat situasi yang dapat dikendalikan dengan baik. 

Kata Kunci: kepemimpinan situasional; iklim organisasi; prestasi kerja karyawan.

Keywords


kepemimpinan situasional; iklim organisasi; prestasi kerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Affandi.(1994). Analisis Jalur dan Penyelesainnya. Jakarta: PT.Erlangga.

Arep,Tanjung. (2013). Kepemimpinan Modern. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Bejo.Siswanto. (2012). Manajemen Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Davis, Keith. (2013). Human behavior at work: organizational behavior, sixth edition, New Delhi: Tata Mc Graw Hill.

Fuad,Masud. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Erlangga.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, James H. Donnely Jr. (2006). Organisasi, Perilaku – Struktur – Proses. Terjemahan. Edisi Kedelapan. Jakarta: Binapurupa Aksara.

Hani Handoko, (2013). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia (Edisi 2). Yogyakarta: BPFE.

Harif Amali Rivai, (2011). Pengaruh Kupuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Intensi Keluar: Pengujian Empiris Model Turnover Lum et al. Jurnal Bisnis Akuntansi. Vol 3. No.! April 2001, hal. 335 – 352.

H. Malayu S.P. Hasibuan, (2013). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hersey,Blanchard, (2014). Leadership. sixth edition, New Delhi: Tata Mc Graw Hill.

Kartono. (2014).Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Luthans, F. (2012). Organizational Behavior, Eighth Edition, Singapura:McGraw Hill, Inc.

Nasrudin. (2015). Perilaku Organisasi dan Manajemen Perusahaan.Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Nurjanah. (2013). â€Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawanâ€. Jurnal pada Media Riset Bisnis dan Manajemen, vol. 2, No. 3, 2013, pp 100-134.

Reksohadiprojo,Handoko.(2012).Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta : BPFE.

Rani Mariam. (2014). â€Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan kerja Karyawan Sebagai Variabel Interveningâ€. Tesis, Universitas Gunadarma,Program Pascasarjana Magister Manajemen Jakarta.

Robbins, Stephen P., (2011). Perilaku Organisasi, Konsep – Kontroversi – Aplikasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Prenhalindo.

Sherman, Ghomes. (2012). Job Performance. Penerjemah Soelaiman. Yogyakarta: STIE YKPN.

Singarimbun, Masri dan Sopyan, Effendi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Sondang P. Siagian (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Singgih Santoso. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soelaiman. (2012). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono, (2001). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J. (2000). Statistik Teori Dan Aplikasi. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Thoha, Mochammad. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Erlangga.

Vinsent Gaspersz, 2007. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: yayasan Indonesia Emas & PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v3i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.