PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI TOKO ELLYN

Yana Dwi, Pardi Pardi

Abstract


ABSTRACT

Aims and objectives of the study fact reveal the influence between product quality, price, promotion on purchasing decisions for fashion products at Ellyn Stores. The total population is 200 resellers of Ellyn's shop who conduct transactions both online and offline for the period of May 2021. The sample is 133 resellers using the Slovin formula, the sample technique uses purposive sampling, because the reason is that by using this technique researchers can determine certain specified criteria. The intended criteria are: (a) Buyers with transactions above Rp. 500.000 per month (b) Resellers with a minimum number of transactions of 3 purchases. In this study, the data analysis technique used was the multiple linear regression test technique. The results showed that there was a positive and significant influence between product quality, price and promotion on purchasing decisions for fashion products at Ellyn Stores, either partially or simultaneously. The magnitude of the range of values for the coefficient of determination (R2) by looking at the adjusted R square value is 0.614 or 61.40%.

Keywords : Product quality, Price, promotion, Purchase Decision, Fashion Product

ABSTRAK

Maksud dan tujuan penelitian mengungkapkan fakta adanya pengaruh antara kualitas produk, harga, promosi terhadap keputuasan pembelian produk fashion di Toko Ellyn. Jumlah populasi sebanyak 200 reseller toko Ellyn yang melakukan transaksi baik online maupun offline periode Mei 2021. Sampel berjumlah 133 reseller dengan menggunakan rumus Slovin, teknik sampel menggunakan purposive sampling, karena alasannya dengan menggunakan teknik ini peneliti dapat menentukan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan. Kriteria yang dimaksudkan adalah: (a) Pembeli dengan transaksi di atas Rp 500.000 perbulan (b) Reseller dengan jumlah transaksi minimal 3 kali pembelian. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik uji multiple linear regression. Hasil penelitian diketahui adanya pengaruh positif dan bermakna antara kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Toko Ellyn baik secara parsial maupun simultan. Besarnya kisaran nilai koefisien determinasi (R2) dengan melihat nilai adjusted R square senilai 0,614 atau sebesar 61,40%.

Kata Kunci: Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Produk Fashion


Keywords


product quality; price; promotion; purchase decision; fashion products; kualitas produk; harga; promosi; keputusan pembelian; produk fashion

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Metodologi Penelitian. Edisi Revisi. Yogyakarta: YKPN.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopeee. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Harahap, Nurzannah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

http://www.popmama.com.

Kartika, Dessy F.Koto. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan.

Kotler, P, Keller, K.L. (2014). Marketing Management, 12th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Pratama, Bobby Esa. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian di Shopeee. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu DH., Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Tjiptono, F. (2010). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Wijaya, Fredy. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v8i1.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.