PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PURCHASE INTENTION MENGGUNAKAN RELITRADE DI TASIKMALAYA

Tine Badriatin, Apri Budianto, Irma Darmawati Bastaman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh digital literacy terhadap purchase intention menggunakan Relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh technology acceptance model terhadap purchase intention menggunakan Relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya, dan mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh digital, literacy dan technology acceptance model terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif.  Hasil penelitian disimpulkan bahwa  Digital   literacy  cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa digital literacy berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika digital literacy  meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan. Technology acceptance model cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Technology acceptance model berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika Technology acceptance model meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan. Digital   literacy   dan Technology acceptance model cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa digital   literacy   dan Technology acceptance model berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika digital   literacy   dan technology acceptance model meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan

Keywords


digital literacy; technology acceptance model; purchase intention using relitrade; purchase intention menggunakan relitrade

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2009). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat .

Allan Martin. (2006). Literacies for the digital age. In: Martin A and Madigan D (eds) Digital Literacies for Learning . London: Facet.

Banjarnahor, D. M. (2017). Factor Influencing Purchase Intention Towards Customer- to Customer E Commerce. Intangible Capital. Vol. 13, 946-966.

Bawden, D. (2008). Origins and concepts of digital literacy. In: Lankshear C and Knobel M (ed) Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. New York:: Peter Lang,.

Badriatin, T. (2020). Peran Sistem Informasi dan Remote Trading. Business Manajemen dan Enterpreneurship Journal (BMEJ) Galuh, Vol. 2, No. 1, 132-141.

Becket, H. a. (2015). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Belshaw, D. (2011). What is digital literacy? A Pragmatic investigation, EdD Thesis. Durham: Durham: University. Durham : University.

Buckingham, P. J. (2016). Beyond Technology: Children 'S Learning 52 in the Age of". European Journal of Communication, . Vol. 24 No. 3, 362-62.

Chuttur, O. (2009). Overview of the Technology Acceptance Model: Origins Developments and Future Directions". Sprouts: Working Papers on Information Systems. Vol. 9 No. 37, 1-23.

Davis, V. V. (1996). A Model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test". . Decision Sciences,. Vol. 27 No. 3, 451-81.

George R Terry dan Leslie, W. R. (2014). Dasar-Dasar Managemen, Penerjemahan G, A, Ticoalu. . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Alphabeta .

Heizer, J. d. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan rantai Pasokan Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Irawan, S. d. (2018). Asas-asas marketing. Yogyakarta: Liberty.

Ichwan, A. (2020). Pengaruh Digital Literacy dan Technology Acceptance Model terhadap Keputusan Muzzaki Membayar ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) Melalui Fintech Go-Pay pada BAZNAS. Tesis Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Jeremy J. Shapiro, S. K. (1996). Information Literacy as a Liberal Art: Enlightenment Proposals for a New Curriculum". Educom Review,. Vol. 31 No. 2, 88.

Kenneth C. Laudon and Jane P. Laudon. (2014). Management Information System, Managing The Digital Firm, Thirteen Edition. Global: Edition .

Kotler, P. &. (2014). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

KSEI. (2021). Kustodian Sentra Efek Indonesia.

Lanham, R. (1995). Digital Literacy. Scientific American, V. Vol 273 No. 3,, 198-200.

Layton, M. d. (2016). Pemasaran Jasa. Konsep dasar pemasaran jasa, 112.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

NRC, N. R. (2012). A Framework for K-12 Science Education Practices. Washington: D.C: National Academic Press.

Paul Gilster. (1997). Digital Literacy . New York: Wiley.

Payne, A. (2014). Pemasaran jasa. The Essence of Serve Marketing. Yogyakarta: Andi .

Rangkuti. (2013). Teknik Membedah Kasus. Jakarta: Gramedia.

Riyandika. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenada.

Robert, A. (2015). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (the Intelligent Guide to Indonesian Capital Market). Jakarta: Mediasoft Indonesia .

Rusidi. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: PPS Unpad.

Simamora. (2015). Membuat Karyawan Lebih Produktif dalam jangka panjang (Manajemen SDM) . Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif RD. Bandung: Alphabeta.

Suherman. (2009). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat .

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Sari, J. R. (2017). Pengetahuan Minim, Pendapatan dari Pasar Modal Pun Rendah. Koran SINDO, Jurnalis. 18 Mei 2017. Retrieved from : https://economy.okezone.com/read/2017/05/18/278/1694000/pengetahuan-minim-pendapatan-dari-pasar-modal-pun-rendah.

Suherman. (2009). Analisis Investasi. hal 184 . Jakarta: Salemba Empat.

Tery L, E. a. (2011). Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior". Journal of Retailing. Vol 77 No. 4, , 511-535.

Viswanath Venkatesh, F. D. (1996). A Model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test" Decision Sciences. Vol. 27 No. 3, (, 451-481.

Undang-undang. (1995). Undang-undang Pasar Modal No. 8 : Definisi Pasar Modal.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v8i1.4614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.