FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM ALAS KAKI CIBADUYUT BANDUNG

Aquinaldo Sistanto Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keputusan UMKM alas kaki di Cibaduyut dalam menggunakan e-commerce. Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai kerangka teoritis dalam penelitian ini untuk menyusun hipotesis penelitian. Tahapan awal penelitian dimulai dengan pengumpulan data primer berupa tanggapan dari UMKM alas kaki Cibaduyut menggunakan kuesioner, dengan total 148 responden mengisi kuesioner. Tahap selanjutnya adalah mengolah data yang terkumpul dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitan, UMKM alas kaki Cibaduyut memiliki sikap positif terhadap adopsi e-commerce. Mereka juga menganggap pentingnya pengaruh norma sosial sebagai pertimbangan untuk menggunakan e-commerce. Persepsi kendali perilaku juga memiliki dampak positif terhadap adopsi e-commerce. Berdasarkan temuan penelitan, UMKM alas kaki yang belum menggunakan e-commerce dapat mempertimbangkan manfaat e-commerce pada bisnis, sedangkan UMKM yang telah menggunakan e-commerce dapat mengevaluasi manfaat dan kendala penggunaan e-commerce. Pemerintah juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penggunaan e-commerce pada UMKM dengan menyediakan pelatihan, membangun infrastruktur yang memadai, dan mengeluarkan peraturan yang relavan.

 


Keywords


SME; e-commerce adoption; theory of planned behavior; UMKM; adopsi e-commerce

Full Text:

PDF

References


Agustian, W., & Syafari, R. (2014). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014, 20–25.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Asosiasi E-commerce Indonesia. (2016). Topik Pembahasan E-commerce Indonesia. Retrieved July 16, 2017, from Topik Pembahasan E-commerce Indonesia website: www.apjii.or.id

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2018-2020. Retrieved August 2, 2022, from https://www.bps.go.id/indicator/2/395/1/persentase-penduduk-yang-memiliki-menguasai-telepon-seluler-menurut-provinsi-dan-klasifikasi-daerah.html

de Jong, J. P. J. (2009). The decision to innovate: antecedents of opportunity exploitation in high tech small firms. Zoetermeer.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief,. Attitude, Intention, and Behavior: An. Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 (5th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). New York: Prentice Hall International.

Hakim, M. M., & Nurkamid, M. (2017). Model Adopsi UKM Di Kudus Terhadap E-commerce. Jurnal SIMETRIS, 8(1), 339–344.

Karime, A. W. (2013). Factors influencing adoption of e-commerce among youth entrepreneurs in Nakuru town, Kenya (University Of Nairobi). University Of Nairobi, Nariobi. Retrieved from http://erepository.uonbi.ac.ke/handle/11295/56375

Khuong, M. N., & An, N. H. (2016). The Factors Affecting Entrepreneurial Intention of the Students of Vietnam National University — A Mediation Analysis of Perception toward Entrepreneurship. Journal of Economics, Business and Management, 4(2), 104–111.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis? (4th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2014). E-commerce: Business, Technology, Society (10th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lorz, M. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. School of Management, Economics, Law, Social Sciences and International Affairs, St. Gallen.

Nurrohmah, A., & Alfanur, F. (2016). Adopsi e-commerce pada usaha mikro dan kecil di Bandung (studi kasus subsektor fesyen). E-Proceeding of Management, 3(2), 1120–1127.

O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2011). Management Information Systems (10th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Pearson, J. M., & Grandon, E. E. (2005). An Empirical Study of Factors That Influence E-commerce Adoption/Non-Adoption in Small and Medium Sized Businesses. Journal of Internet Commerce, 4(4), 1–21. https://doi.org/10.1300/J179v04n04_01

Rillo, A. D., & dela Cruz, V. (2016). The Development Dimension of E-commerce in Asia: Opportunities and Challenges.

Sarwono, J., & Budiono, H. (2012). Statistik Terapan. Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Menggunakan SPSS, AMOS, dan Excel). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiowati, R., Hartoyo, Daryanto, H. K., & Arifin, B. (2015). Understanding ICT Adoption Determinants among Indonesian SMEs in Fashion Subsector International Research Journal of Business Studies. Understanding ICT Adoption Determinants among Indonesian SMEs in Fashion Subsector International Research Journal of Business Studies , 8(1), 47–57.

Silalahi, U. (1999). Metode dan Metodologi Penelitian. Bandung: Penerbit Bina Budhaya.

Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Penerbit Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Triandini, E., Djunaidy, A., & Siahaan, D. (2013). Factors Influencing E-commerce Adoption by SMES Indonesia: A Conceptual Model. Lontar Komputer, 4(3), 301–311.

Widianingsih, R., Sunarmo, A., & Primasari, D. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi e-commerce oleh UMKM di Kabupaten Banyumas berdasarkan Theory Of Planned Behavior. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers 2015. Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v8i1.5430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.