PENGARUH INTEGRASI TEKNOLOGI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING CINEMA 21
Abstract
The objective of this research to knows and analyze the technology integration, technology literacy, competitive advantage and the impact of technology integration and digital literacy on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya. The approach of this study was quantitative and path analysis with SPSS 16.0 version used in this study as a statistical measurement tool. As a data collection method, questionnaires were submitted to 85 respondents of Cinema 21 M-Tix service users in Tasikmalaya using accidental sampling method. The result showed that technology integration and digital literacy have a significant impact on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya. Each variables of technology integration and digital literacy have an impact either partially and simultaneously on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya.
Keywords:technology integration; digital literacy; competitive advantage.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis integrasi teknologi di Cinema 21 Tasikmalaya, literasi digital di cinema 21 Tasikmalaya, keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya dan pengaruh integrasi teknologi dan literasi digital terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis jalur software SPSS versi 16.0 sebagai alat ukur statistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dengan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 85 responden yang diambil dari penggun layanan M-Tix di Cinema 21 Tasikmalaya dan penarikan sampel menggunakan Teknik Accidental Sampling. Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari integrasi teknologi dan literasi digital terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya. Masing – masing variabel integrasi teknologi dan literasi digital berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya.
Kata Kunci: integrasi teknologi; literasi digital; keunggulan bersaing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anantan, L. dan Ellitan, L. (2009). Strategi Bersaing Konsep Riset dan Instrumen. Jakarta: Alfabeta.
Belshaw, D. A. J. (2011). What is digital literacy? A Pragmatic investigation. Thesis for the degree of Doctor of Education. Durham University: Department of Education at Durham University.
Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis. 12 – 19.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Bob Sabran, M.M. Jakarta: Erlangga.
Rinandiyana, L. R. et al. (2016). Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, Dan Kualitas Produk (Kasus Pada Industri Pakaian Muslim Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen 2. (2). 105 – 113.
DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v5i1.853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.