THE EFFECT OF CONVENIENCE, SECURITY, AND SERVICE FEATURES IN MILLENIAL CHOICES FOR BSI MOBILE SUB-BRANCH OFFICE NGANJUK YOS SUDARSO
Abstract
Pengantar Masalah: Penelitian ini dimaksudkan karena timbul permasalahan mengenai keputusan penggunaan BSI Mobile pada generasi milenial. Pengguna BSI Mobile sebagian berasal dari kewajiban bank untuk mendaftar. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian nasabah BSI Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Yos Sudarso masih perlu meningkatkan kesadaran dalam menggunakan BSI Mobile dengan kenyamanannya, masalah keamanan, fitur layanan yang tersedia sejalan dengan tren perkembangan teknologi, dan perlunya efisiensi dalam layanan perbankan.
Maksud/Tujuan Kajian : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kenyamanan, Keamanan dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan BSI Mobile pada Generasi Milenial secara parsial dan simultan.
Desain/Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0 dan analisis data dengan langkah-langkah pengujian antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2).
Temuan: Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kenyamanan, Keamanan, dan Fitur Layanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi milenial dalam menggunakan BSI Mobile Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Yos Sudarso.
Keywords
References
Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906
Ainul, A., Sulmi, K., Awaluddin, M., & Gani, I. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar). 1(2), 59–73.
All, B. I. et. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia.
Amijaya, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Interfaces, 30, 117–118. http://eprints.undip.ac.id/22558/
Andriyanto dan Diana, Y. R. (2016). Kebermanfaatan , Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa. Jurnal Profita, 1, 16.
Aprilia, R. W. (2002). Pengaruh kemudahan, fitur layanan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet dana di kabupaten kebumen. 1–9.
Aref, U. I. A. dan M. (2015). Pengaruh Pe rsepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Study Pada Komunitas Virtual E-Banking BCA). Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun, 68(Tampubolon 2004), 53–138.
Burhan, F. A. (2023). Berkaca dari Gangguan BSI Mobile, Seberapa Rentan Perbankan Kena Serangan Siber? https://finansial.bisnis.com/read/20230511/90/1654657/berkaca-dari-gangguan-bsi-mobile-seberapa-rentan-perbankan-kena-serangan-siber
Davis, F. D. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End User Information Systems; Theory and Result‖ Dissertation.
Dewi, R. S. (n.d.). Pengaruh e-service quality dan keamanan terhadap keputusan penggunaan jasa marketplace tokopedia. X(I), 762–771.
Fadillah, F., Hartono, & Sodikin, D. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan pada Aplikasi LinkAja Telkom Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 277–285.
Fadlil, N. R., Effendi, J., & Sutarto, E. (2022). Analysis of Factors Affecting Attitudes and Decisions of Wakif in Productive Waqf in Indonesia ( Case Study in Dompet Dhuafa ) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Keputusan Wakif dalam Berwakaf Produktif di Indonesia ( Studi Kasus di Dompet. 18(01), 105–117.
Ghozali, I. (n.d.). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8 (Semarang : Universitas Diponegoro, 2016).
Hartati, I. N. and S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.
Heny Agustina. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen Kinerja, Vol. 3 Nom, 57–63.
Imam Syaiqoni, Feti Fatimah, J. R. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, dan kenyamanan terhadap keputusan penggunaan go-food. 7(1), 56–70.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan.
Keller, P. K. dan K. L. (2008). Manajemen Pemasaran.
Leon, S. (2018). Service mobile apps : a millennial generation perspective. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2017-0479
Nisa, A. K. (2018). Pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan e-banking terhadap minat bertransaksi ulang secara online dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus pada nasabah bank bni syariah kc tanjungkarang).
Panggabean, G. (2023). BSI Mobile, Fasilitas Mobile Banking dari Bank Syariah Indonesia. https://duniafintech.com/bsi-mobile-fasitilitas-mobil-banking-dari-bank-syariah/
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.).
Prabawani, V. T. T. dan B. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Penggunaan Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang (Survey Pada Pengguna Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang),‖ E-Jurnal Undip.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Deepublish.
Sunyoto, D. (2011). Praktik SPSS untuk Kasus dilengkapi Contoh Penelitian Bidang Ekonomi Yogyakarta: Nuha Medika.
Themba, O. S. (2022). Keputusan Pembelian dari Aspek Desain Website , Kepercayaan , Keamanan dan Kemudahan. 10(2), 1305–1314.
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06
Wulansari, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan , Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee. 1(1), 78–89.
Yudin Ahmad. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Kemudahan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Syariah Indonesia Kc 3 Palangka Raya. In Skripsi. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3632/
DOI: https://doi.org/10.37058/jes.v9i2.11317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal index by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Â