Analisis Halal Awareness Mahasiswa Muslim terhadap Makanan Halal di Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Achmad Jufri

Abstract


Religiusitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesadaran halal masyarakat muslim. Artikel ini merupakan hasil survei dari sebuah komunitas yang dikenal religiositasnya, yaitu masyarakat Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana religiusitas tercermin dalam perilaku masyarakat khususnya mengenai kesadaran akan kehalalan makanan yang dikonsumsi atau sebaliknya yaitu masyarakat kurang berhati-hati karena berada di lingkungan yang sangat religius. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode analisisnya adalah deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket yang dibagikan kepada 114 mahasiswa muslim di Pamekasan. Sebagai pengantar, penulis mencoba mendeskripsikan kentalnya Islam di Madura, khususnya di PamekasanJawa Timur. Ditemukan bahwa pengetahuan mahasiswa muslim di Pamekasan Jawa Timur tentang konsep halal, istilah bahan makanan non halal, memperhatikan logo halal, pengenalan logo halal resmi, dan kecenderungan memperhatikan komposisi produk yang tidak berlabel halal sudah tinggi.

 


Keywords


Kesadaran Halal, Mahasiswa Muslim, Makanan Halal

Full Text:

PDF

References


Gerungan, K., & Karina, P. (2019). Analisa Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Restoran Surabaya. Artikel, 171–182.

Hefni, M. (2013). ISLAM MADURA (Resistensi dan Adaptasi Tokoh Adat atas Penetrasi Kyai di Madura). Jurnal ANALISIS No. 01, Vol. 13.

Kementerian Agama RI. (2021). DATA LEMBAGA PONDOK PESANTREN TAHUN 2021 PAMEKASAN Provinsi JAWA TIMUR. Emispendis.Kemenag.Go.Id. http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=data-pontren&action=list_pontren∝=35&k=28&id=51

Nofianti, K. A., & Rofiqoh, S. N. I. (2019). Kesadaran dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi pada Praktisi Bisnis UMKM di Gresik). Journal of Halal Product and Research, 2.

Rifai, M. A. (2007). Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, dan Pandangan Hidupnya Seperti Dicitrakan Peribahasanya. Pilar Media.

Subaharianto, A. (2004). Tantangan Industrialisasi Madura; Membentur Kultur, Menjunjung Leluhur. Bayumedia.

Yasid, Farhan, F., & Andriansyah, Y. (2016). Factors affecting Muslim students awareness of halal products in Yogyakarta, Indonesia. International Review of Management and Marketing, 6(4), 27–31.

Zubairi, A. D. (2013). Rahasia Perempuan Madura: Esai-Esai Remeh Seputar Kebudayaan Madura. Andhap Ashor.




DOI: https://doi.org/10.37058/jes.v7i2.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal index by:

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Â