Pelaksanaan Evaluasi CSE-UCLA Pada Pembelajaran Blended Learning Program Pendidikan Kesetaraan

Munika Ayu Tri Utami, Imam Shofwan

Abstract


Pembelajaran yang dahulu bersifat tradisional kini beralih ke era teknologi sehingga akan berdampak pada perubahan pelaksanaan pembelajaran. Pendidikan nonformal saat ini dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran blended learning, namun dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala karena tidak semua pihak dapat melaksanakan proses pembelajaran secara maksimal, sehingga perlu adanya perbaikan dari pembuatan konten untuk video pembelajaran yang interaktif, dukungan fasilitas pembelajaran, dan kolaborasi serta dukungan antara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program pembelajaran blended learning yang ditinjau dari beberapa komponen evaluasi CSE-UCLA (Center fot the Study of Evaluation- University OF California in Los Angeles) Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur untuk menganalisis data menggunakan model analisis Milles & Hubberman dari resuksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian penemuan penelitian dilakukan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian berjalan dengan baik, yang dimulai dari tujuan pelaksanaan pembelajaran, dukungan sarana prasarana yang sudah terdapat MoU dengan SMP, kurikulum yang digunakan pada pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, waktu pembelajaran secara fleksibel dan dukungan sarana prasarana yang memadai, tetapi warga belajar tetap mencari sumber belajar buku atau dari video youtube. Kesimpulannya pelaksanaan pembelajaran blended learning dapat dikatakan baik karena peserta didik merasa nyaman, dampak yang dirasakan peserta didik untuk melanjutkan ke pendidikan selanjutnya. Penelitian ini mengandung makna bahwa dalam pelaksanaan program pembelajaran blended learning perlu diterapkan evaluasi CSE-UCLA agar berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan

Keywords


Blended Learning; Evaluasi Program; CSE-UCLA; Pendidikan Kesetaraan

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Ade, Pujiastuti, E., Maemuna, S., Pendidikan, D., & Cirebon, K. (2023). Penyusunan Kurikulum Operasional Pendidikan Kesetaraan Berbasis Kearifan Lokal pada PKBM. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1966–1982. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5575

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37150/rebion.v2i1.1024

Almazroa, H., & Alotaibi, W. (2023). Teaching 21st Century Skills: Understanding the Depth and Width of the Challenges to Shape Proactive Teacher Education Programmes. Sustainability (Switzerland), 15(9). https://doi.org/10.3390/su15097365

Ambe, B. A., Agbor, C. E., Amalu, M. N., Ngban, A. N., Bekomson, A. N., Etan, M. O., Ephraim, I. E., Asuquo, E. E., Eyo, O. E., & Ogunjimi, J. O. (2024). Electronic media learning technologies and environmental education pedagogy in tertiary institutions in Nigeria. Social Sciences and Humanities Open, 9(May 2023), 100760. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100760

Arikunto, S., & Jabar, S. A. J. (2009). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed.). Bandung: Bumi Aksara.

Can, H. C., Zorba, E., & Işım, A. T. (2024). The effect of blended learning on 21st-Century skills and academic success in education of physical education teachers: A mixed method research. Teaching and Teacher Education, 145(August 2022). https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104614

Castro, R. (2019). Blended learning in higher education: Trends and capabilities. Education and Information Technologies, 24(4), 2523–2546. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09886-3

Creswell, C. (2018). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. In Microbe Magazine (Vol. 4, Issue 11). https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1

Cronje, J. C. (2020). Towards a new definition of blended learning. Electronic Journal of E-Learning, 18(2), 114–135. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.2.001

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Ekayati, R. (2018). Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Edmodo. Jurnal EduTech Vol., 4(2), 50–56. https://doi.org/10.30596/edutech.v4i2.2277

Fenech, R. (2021). Blended learning: Honouring students’ Psychological Contract. Cogent Education, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1914286

Geampana, A., & Perrotta, M. (2024). Using interview excerpts to facilitate focus group discussion. Qualitative Research, 1–17. https://doi.org/10.1177/14687941241234283

Goel, A., & Gupita, L. (2020). Social Media in the Times of Covid-19. JCR: Journal of Clinical Rheumatology, 26(6), 220–223. https://doi.org/10.1097/RHU.0000000000001508

Gryaznov, S. A. (2020). Online learning is the future of education. Trends in the Development of Science and Education, November 2021. https://doi.org/10.18411/lj-11-2020-102

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111

Hasan, S., Sappaile, B. I., Widagdo, D., Rahayu, P. W., Sarumaha, Y. A., & Sutanto, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Masyarakat. Community Development Journal, 4(2), 2530–2543. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14667

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning : Solusi Model Pembelajaran Pasca Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84

Khan, T. M. (2021). Use of social media and WhatsApp to conduct teaching activities during the COVID-19 lockdown in Pakistan. International Journal of Pharmacy Practice, 29(1), 90. https://doi.org/10.1111/ijpp.12659

Kirschner, P. A., & Stoyanov, S. (2020). Educating Youth for Nonexistent/Not Yet Existing Professions. In Educational Policy (Vol. 34, Issue 3). https://doi.org/10.1177/0895904818802086

Kisworo, B., Yusuf, A., Desmawaty, L., Shofwan, I., Kusumatuti, Z. R., Oktiva Sakti, A. B., & Setiawati, R. I. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker.com bagi Pendidik PAUD Nonformal di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 26(1), 15–23. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i1.33745

Ko, Y. C., Lin, H. Y., Chiang, W. C., Yang, C. W., Hsieh, M. J., & Ma, M. H. M. (2023). Comparing the effects of blended learning and traditional instruction on basic life support for laypersons: A randomized controlled trial. Journal of the Formosan Medical Association, 123(6), 687–692. https://doi.org/10.1016/j.jfma.2023.10.017

Kuswanto, J. (2020). Penilaian Pembelajaran Daring di SMK PP Negeri Jambi dengan Model Evaluasi CSE-UCLA. Jurnal Edu Research, 1(4), 16–24. https://doi.org/10.47827/vol1iss4pp16-24

Lakoro, F., Umar, M. K., & Setiawan, D. G. E. (2023). Evaluasi Penilaian Proses Menggunakan Model Alkin pada Mata Pelajaran Fisika SMAN Se-Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 285. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1189

Lisnawati, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Muatan Lokal Seni Musik Pada Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 716. https://doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2680

Lubis, N. S., & Anriani, N. (2023). Implementasi Model Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles (CSE-UCLA) dalam Penilaian Kinerja Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 860–866. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1663

Makbul, M., S, D. S., & Ahmad, L. O. I. (2022). Pengembangan Evaluasi Formatif dan Sumatif. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1), 96–106. https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6788

Maruwae, F., Duludu, U. A. T. A., & Rahmat, A. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Di LKP Tri Nur. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 1(1), 53. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.66

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Mosleh, S. M., Alsaadi, F. A., Alnaqbi, F. K., Alkhzaimi, M. A., Alnaqbi, S. W., & Alsereidi, W. M. (2024). Examining the association between emotional intelligence and chatbot utilization in education: A cross-sectional examination of undergraduate students in the UAE. Heliyon, 10(11), e31952. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31952

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853

Navastara, D. A., Suciati, N., Fatichah, C., & Tjandrasa, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penyusunan Materi Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada SDN Sutorejo I/240 Surabaya. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 880–886. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i6.553

Nayir, F., & Sari, T. (2020). Pandemi Dönemi Eğitim: Sorunlar ve Fırsatlar. Journal of Turkish Studies, Volume 15(Volume 15 Issue 4), 959–975. https://doi.org/10.7827/turkishstudies.44335

Nurkholis, Djubaedi, D., Asmuni, A., & Nurhayati, E. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Terlantar. Edukasi Islam : Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 2303–2318. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4622

Putu Semadi, I. G., Dantes, N., & Sri Mertasari, N. M. (2019). Studi Evaluatif Berbasis Model Cse-Ucla Tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Bintara Di Sekolah Polisi Negara Polda Bali. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 89–105. https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i2.2899

Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y

Risfaisal, Rasyid, M. N. A., Mania, S., & Hania. (2024). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Sosiologi Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Media, 13, 95–104. https://doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14292

Rohman, A. (2020). Implementasi Teori Pembelajaran Blended Learning dalam Menyeimbangkan Kapabilitas Belajar pada Era Digital (Studi Kasus di Prodi PAI Universitas Alma Ata Yogyakarta). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 7(1), 33–51. https://doi.org/10.36835/annuha.v7i1.343

Rusmulyani, K., Yudana, I. M., Natajaya, I. N., & Divayana, D. G. H. (2022). E-Evaluation based on CSE-UCLA Model Refers to Glickman Pattern for Evaluating the Leadership Training Program. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 13(5), 279–294. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2022.0130534

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2275

Sahidin, S., Desimarnis, D., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Efektivitas Penerapan Kebijakan E-Learning Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2626–2637. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.807

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Shofwan, I., Yusuf, A., Suryana, S., & Widhanarto, G. P. (2019). Evaluasi Program “Model Logical Framework” Untuk Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28691

Sholiha Rohmatus, M. S. R. (2023). Pelaksanaan Dan Hambatan Evaluasi Formatif Dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Di SMK PGRI 3 MALANG. Jurnal Pendidikan Bahasaahasa, 12(1), 192–209. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5719

Sianipar, D., Sairwona, W., & Boiliu, E. R. (2023). Evaluasi Program Sekolah Minggu Dengan Menggunakan Model Evaluasi CSE-UCLA. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 8(2), 522–540. https://doi.org/10.30648/dun.v8i2.1073

Silviariza, W. Y., Sumarmi, Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2023). Development of Evaluation Instruments to Measure the Quality of Spatial Problem Based Learning (SPBL): CIPP Framework. International Journal of Instruction, 16(2), 413–436. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16223a

Suryadi, L. S., & Karnati, S. (2022). Curriculum Management at the Pusat Kegiatan Anak of Sahabat Anak Foundation. Journal of Nonformal Education, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.15294/jne.v8i1.28239

Try, A., & Putra, A. (2023). Evaluasi Program Planing PLP II ( Pengenalan Lapangan Persekolahan ) : Menggunakan Model CSE-UCLA di PAUD. Murhum: Jurnal Prndidikan Anak Usia Dini, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.158

Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1010–1021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.503

Zainudin, Z. (2022). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4396

Zulkarnain, R., & Gusti, R. (2020). Implementasi Teknik Forum Group Discussion (Fgd) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Melalui Mata Kuliah Seminar Proposal Skripsi. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 292. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3613

Zweeris, K., Tigelaar, E. H., & Janssen, F. J. J. M. (2023). Studying curriculum orientations in teachers’ everyday practices: A goal systems approach. Teaching and Teacher Education, 122, 103969. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103969




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.11458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944