Motivasi Peserta Didik Lanjut Usia Pada Program Pelatihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Kabupaten Bekasi

Putry Anjani, Safuri Musa, Dayat Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan orang dewasa dalam belajar. Motivasi belajar orang dewasa, khususnya peserta didik lanjut usia dalam mengikuti kegiatan pembelajaran atau pelatihan memiliki berbagai alasan yang mendasarinya. Salah satu bentuk kegiatan yang menarik perhatian adalah pelatihan pencak silat, seperti yang diadakan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). PSHT merupakan salah satu organisasi pencak silat yang terkenal di Indonesia dan memiliki tujuan tidak hanya untuk mengajarkan keterampilan bela diri, tetapi juga membentuk karakter, disiplin, dan kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis motivasi peserta didik lanjut usia dalam mengikuti program pelatihan pencak silat PSHT Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menitikberatkan pada prinsip-prinsip umum yang mendasari pemahaman tentang faktor-faktor yang memotivasi peserta didik yang berusia 40 tahun ke atas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pelatih dan peserta didik lanjut usia yang aktif mengikuti pelatihan pencak silat PSHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang memengaruhi motivasi peserta didik lanjut usia dalam mengikuti pelatihan pencak silat PSHT yaitu kesehatan fisik dan mental, dukungan sosial, serta aktualisasi diri.

 

This research is motivated by the learning needs of adults. Adult learning motivation, particularly among elderly learners, in participating in educational or training activities is driven by various underlying reasons. One form of activity that attracts attention is pencak silat training, such as that organized by Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). PSHT is a well known pencak silat organization in Indonesia that aims not only to teach self defense skills but also to develop character, discipline, and physical fitness. This study aims to identify and analyze the motivation of elderly learners in participating in the PSHT pencak silat training program in Bekasi Regency. The research method used is qualitative, focusing on the general principles underlying the understanding of factors that motivate learners aged 40 and above. Data were collected through in-depth interviews with trainers and elderly learners actively participating in the PSHT pencak silat training.  The results of the study indicate that the main factors influencing the motivation of elderly learners to participate in the PSHT pencak silat training are physical and mental health, social support, and self-actualization.


Keywords


Motivasi Lanjut Usia; Elderly Motivation, Pendidikan Orang Dewasa; Adult Education, PSHT

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). Syakir Media Press.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Fadli, R., Wahyu, D., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2023). Perkembangan Masa Dewasa Dini dan Madya dalam Implikasinya pada Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6545–6551. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Kurniawan, A. W., Wijayanto, A., Amiq, F., & Hafiz, M. (2021). Psikologi Olahraga. Akademia Pustaka.

Nurdiyanti, Y., & Halimah, A. H. (2020). Motivasi Pendidikan Orang Dewasa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(2), 9. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14490

PSHT. (2021). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persaudaraan Setia Hati Terate.

Syuraini. (2020). Menyingkap Tabir PAIKEMM Dalam Pendidikan Nonformal.

Wibowo, A., & Rusdiyana, E. (2020). Modul Kuliah Pendidikan Orang Dewasa. Universitas Terbuka.

Yulidar, Y., Syuraini, S., & Ismaniar, I. (2018). Gambaran Minat Warga Belajar Mengikuti Kegiatan Randai di Sanggar Seni Mustika Minang Duo Kota Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 245. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9489




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i2.11791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944