PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PAKET A PKBM FARADIKA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum meratanya tingkat kreativitas peserta didik Paket A di PKBM Faradika. Pembelajaran abad-21 salah satunya menuntut peserta didik untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap pengembangan kreativitas peserta didik home schooling paket A PKBM Faradika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-experimental design dengan desain one-shot case study dengan jumlah sampel sebanyak 22 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah Teknik analaisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh model PjBL (Pop Up Book) terhadap kreativitas siswa dengan tema keberagaman Indonesia. Kreativitas siswa mengalami pengembangan sebesar 31% setelah diterapkan model PjBL.
Kata kunci : PembelajaranBerbasisProyek1, Kreativitas2, PopUpBook3
Keywords
References
Erlinawati (2018) “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Sikap Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA N 7 Bandar Lampung”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Dinantika, H. K (2019) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung Bandar Lampung
Rafik, M., Febrianti, V. P., Nurhasanah, A., & Muhajir, S. N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80-85.
Risnani, L. Y., & Subali, B. (2016). Efektivitas model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kreativitas keterampilan proses sains.
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Jogjakarta : Penerbit KBM Indonesia.
Rizkiyah, F. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119-131.
Daryanto. Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Wulandari, A, S. Suardana, N. Devi P, L (2019) Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Volume 2, Nomor 1
Putri, T, S. Syam, M. Komariyah, L. (2020) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. Volume 1 No.2
Rachmawati,Y. Kurniati, E. 2019. Strategi pengembangan kreativitas pada anak : Usia taman kanak-kanak. Jakarta : Kencana, 2019
Setiyanigrum, R (2020) Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA Universitas Negeri Semarang.
Elmanidar, N. Fakhriyah, F. Rondli, W, S. (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 4 – Nomor 4
Pagarra, H. Syawaluddin, A. Krismanto, W. Sayidiman. 2022. Media Pembelajaran. Makasar : Badan Penerbit UNM, 2022
Fitri, L. Yuliana, D. Jaya, F. (2021) Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) : Volume (4) No (2)
Umma, F, K. Riyanto, Y. (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik di Homeschooling Pena Surabaya. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Volume 12 Number 2
Ayu, D, N, R (2015) “Penggunaan permainan devinettes dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Prancis”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.11793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.