GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA BIMBINGAN BELAJAR AI SMART DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR

Yulia Kusumawati, Safuri Musa, Dayat Hidayat

Abstract


Kepala Bimbingan Belajar memiliki peran yang penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung berkembangnya kompetensi pedagogik tutor di lembaganya. Kepala Bimbingan Belajar dapat menggunakan berbagai gaya kepemimpinan untuk menjalankan tugasnya dalam mengembangkan kompetensi pedagogik tutor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan Kepala Bimbingan Belajar AI Smart dalam mengembangkan kompetensi pedagogik tutor. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data primer melalui wawancar dan observasi kepada Kepala Bimbingan Belajar dan tutor dan data sekunder yang diperoleh dari buku, catatan, atau arsip yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian menunjukan hasil bahwa Kepala Bimbingan Belajar AI Smart menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam mengembangkan kompetensi pedagogik tutor. Terdapat strategi yang digunakan Kepala Bimbingan Belajar AI Smart dalam mengembangkan kompetensi pedagogik tutor.

Kata kunci : lembaga bimbingan belajar, gaya kepemimpinan, kompetensi pedagogik


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. 2(1), 23–30.

Alatas, U. H., Azni, F., & Fikra, A. D. (2023). Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Pedagogik Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. 2(12), 5761–5767.

Bagus, N., Sasmito, C., Publik, A., & Tunggadewi, U. T. (2021). Peranan Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap. Reformasi, 11, 233–243.

Fitrianto, A. R. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). IAIN PONOROGO.

Janawi. (2019). KOMPETENSI GURU (Citra Guru profesional). ALFABETA, cv. www.cvalfabeta.com

Lelo Sintani, M. M., Fachrurazi, H., Mulyadi, S. E., Nurcholifah, I., EI, S., Fauziah, M. M., Sri Hartono, S. E., & Jusman, I. A. (2022). Dasar Kepemimpinan. Cendikia Mulia Mandiri.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwandari, D. N. (2017). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(3), 197–208.

Roesminingsih, M. V. (2020). Jurnal Pendidikan Untuk Semua. 04, 82–92.

Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya Kepemimpinan dan Karekteristik Pemimpin yang Efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783

Wahyuningsih, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Professional Guru terhadap Kinerja Guru di MAN 3 Jombang. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(2), 95–102.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.11799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944