APPLICATION OF THE EDUTAIMENT LEARNING MODEL IN FORMING CHILDREN'S LEARNING CREATIVITY IN CLASS B1 AT PAUD AL-IKHLAS, EAST JAKARTA

putri azzah nabila, Ratna Sari Dewi, Ika Rizqi Meilya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelelajaran edutaiment dan juga hasil dari penerapan  model pembelajaran edutaiment dalam membentuk kretivitas belajar anak pada kelas B1 di PAUD Al-Ikhlas  Jakarta Timr. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari 4 orang yaitu 1 orang kepala lembaga, 2 orang pendidik, dan 1 orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa  peningkatan kreativitas pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran edutaiment yang dimana penerapan model ini dapat meningkatakan daya kreativitas anak bisa lebih berjalan dengan praktis dan alami,. Penerapan model edutaiment ini sudah di gunakan dengan sangat baik oleh  PAUD Al-Ikhlas beserta pendidik yang  bertugas memberi materi pada peserta didik, dan dilihat bahwa sarana dan prasarana yang diguakan sudah cukup memadai. Sehingga pada penerapan model pembelajaran edutaiment dapat terjadi dengan hasil yang baik.


References


Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. 6(2). https://doi.org/10.25299/al-

Bz, Z. (2023). Model Pembelajaran Edutainment Melalui Media Gambar 3 Dimensi dalam Mengembangkan Konten Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Curahdami Bondowoso. 4, 2785–2794.

Edukids, I., Pendidikan, J., Usia, A., Homepage, D., Sunan, U. I. N., & Yogyakarta, K. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok , Sudut , Area , dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 02(02).

Nasihin, K., & Bari, A. (2023). Optimalisasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Ashlach : Journal of Islamic Education, 1(1), 77–85. https://doi.org/10.55757/ashlach.v1i1.241




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.11810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944