APPLICATION OF THE EDUTAIMENT LEARNING MODEL IN FORMING CHILDREN'S LEARNING CREATIVITY IN CLASS B1 AT PAUD AL-IKHLAS, EAST JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelelajaran edutaiment dan juga hasil dari penerapan model pembelajaran edutaiment dalam membentuk kretivitas belajar anak pada kelas B1 di PAUD Al-Ikhlas Jakarta Timr. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari 4 orang yaitu 1 orang kepala lembaga, 2 orang pendidik, dan 1 orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kreativitas pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran edutaiment yang dimana penerapan model ini dapat meningkatakan daya kreativitas anak bisa lebih berjalan dengan praktis dan alami,. Penerapan model edutaiment ini sudah di gunakan dengan sangat baik oleh PAUD Al-Ikhlas beserta pendidik yang bertugas memberi materi pada peserta didik, dan dilihat bahwa sarana dan prasarana yang diguakan sudah cukup memadai. Sehingga pada penerapan model pembelajaran edutaiment dapat terjadi dengan hasil yang baik.
References
Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. 6(2). https://doi.org/10.25299/al-
Bz, Z. (2023). Model Pembelajaran Edutainment Melalui Media Gambar 3 Dimensi dalam Mengembangkan Konten Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Curahdami Bondowoso. 4, 2785–2794.
Edukids, I., Pendidikan, J., Usia, A., Homepage, D., Sunan, U. I. N., & Yogyakarta, K. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok , Sudut , Area , dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 02(02).
Nasihin, K., & Bari, A. (2023). Optimalisasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Ashlach : Journal of Islamic Education, 1(1), 77–85. https://doi.org/10.55757/ashlach.v1i1.241
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.11810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.