PEMBELAJARAN HYBRID PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM AKSI KOTA BANDUNG

Laila Ainu Rohmah, Ratna Sari Dewi, Ika Rizqi Meilya

Abstract


Pendidikan nonformal berfungsi sebagai penambah, pengganti dan pelengkap pendidikan formal. Salah satu satuan pendidikan nonformal adalah Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Program ini ditujukan untuk masyarakat dari berbagai latar belakang yang menyebabkan mereka tidak pernah atau putus sekolah, serta mereka yang ingin meningkatkan keterampilan hidup. Pandemi Covid-19 telah membatasi banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan, sehingga model pembelajaran hybrid yang menggabungkan pembelajaran tradisional dan online diimplementasikan di PKBM AKSI Kota Bandung sejak tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran hybrid pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM AKSI Kota Bandung, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat, serta hasil pembelajarannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran hybrid telah terlaksana dengan baik meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung meliputi kemenarikan, hemat biaya, fleksibilitas dan peluang kolaborasi lintas daerah. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kurangnya budaya belajar, kesenjangan teknologi, kurangnya literasi digital, dan kurangnya interaksi sosial. Hasil dari pembelajaran hybrid menunjukkan dampak positif dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik warga belajar.


Keywords


model pembelajaran; pembelajaran hybrid; pendidikan kesetaraan

References


Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Salwiah, N. F., & Suryanda, A. (2021). Article Review Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online (Vol. 2, Issue 1).

Astuti, F. D., Anra, Y., & Wulandari, B. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya Belajar dan Penggunaan Media Video Youtube terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidilan Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2

Dewanto, S. E. (2022). Penerapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Menengah Pertama Satya Dharma Balung.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Eveluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan-ISSN, 10(1), 2597–2940.

Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., Sudarmaningtyas, P., & Jatmiko, B. (2019). Hybrid learning by using brilian applications as one of the learning alternatives to improve learning outcomes in college. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(10), 34–45. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i10.10150

Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di kecamatan Rajabasa Zulfa Hazizah Henry Aditia Rigianti. Jurnal Pendidikan Modern, 07.

Herawan, E. (2023). Leadership Chair and Tutor of the Learning Centers (PKBM) on the Effectiveness Quality of Learning.

Huang, R., Tlili, A., Yang, J., & Chang, T.-W. (2020). Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. https://www.researchgate.net/publication/339939064

Manongga, A. (2021). Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar.

Moh Fahri, L., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1390

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Pamungkas, D. E., Sukarman, S., & Purnomo, B. (2021). Analysis of online learning process during the Covid-19 Pandemic in primary school teachers. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(6), 423. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4738

Rahmawati, D. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Hybrid Learning dalam Peningkatan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di SMAN 1 Belitang.

Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan ALAM di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus, Vol: 2 No. 2.

Sudjana. (2010). Strategi Pembelajaran. In Falah Production.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan keenam). PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.12014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944