Supervisi Klinis Kepala Yayasan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Tenaga Pendidik Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Cijeruk Bogor

Endah Aulya Qurota Ayun, Ika Rizqi Meilya, Ratna Sari Dewi

Abstract


Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk masa depan. Pendidikan tidak hanya mengacu pada lembaga formal, tetapi juga mencakup pendidikan non formal dan informal. Salah satu pendidikan non formal adalah Pondok Pesantren. Peran pondok pesantren semakin diapresiasi sebagai pilar pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman, etika, dan budaya. Bogor merupakan kota yang kaya akan warisan budaya dan nilai-nilai Islam. Kota Bogor menaungi berbagai pondok pesantren yang mempunyai tugas vital dalam pembentukan karakter, akhlak, serta pengetahuan peserta didik. Salah satu pondok pesantren yang berada di Bogor yaitu Pondok Pesantren Miftahul Huda. Dalam pelaksanakan kegiatan belajar mengajar, profesionalitas tenaga pendidik di Pondok Pesantren menjadi faktor krusial yang memengaruhi kulaitas pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik adalah dengan melakukan supervisi klinis oleh kepala yayasan. Supervisi merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik, karena supervisi yang baik tidak hanya memberikan umpan baik terhadap kegiatan pembelajaran, tetapi juga mampu membantu meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan dedikasi tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanan supervisi klinis  dan hasil pelaksanaan supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskrisikan bahwa supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala yayasan terhadap profesionalitas tenaga pendidik berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan, yaitu  mampu meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik  pada aspek kompetensi profesional, kompetensi pedagogik guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi kepribadian guru.

Keywords


Supervisi Klinis; Profesionalitas; Tenaga Pendidik

References


Anam, Khaerul, Gunawan Wiradharma, Cicilia Clara Devi Anggrini, and Raden Sudarwo. "Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat." ALIGMENT:Journal of Administration and Educational Management, 2022.

B, Hasrul, Khusnul Khotimah Mursalim, Rahmawati, Nurul Karimah Ahmad, Maman A Majid Binfas, and Cita Audia. "Hakikat Supervisi Pendidikan." Journal on Education, 2023.

Pranita, Uci, Nina Kurniah, and Anni Suprapti. "Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Auladuna Kota Bengkulu." Jurnal Ilmiah Potensia, 2018.

Sani, Idham. "Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawai." Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, n.d.

Wibowo, Prio Dwi, and Nina Widowati. "Pelayanan Program Pendidikan Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Purworejo." n.d.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i2.12036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944