Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Kejuruan Pengoperasian Mesin Bubut dan CNC Di UPT BLK Jember

Nani Sintiawati, Gidiony Guntur Marus, Niswatul Imsiyah

Abstract


Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Balai Latihan Kerja Jember, ketika pelatihan berlangsung peserta pelatihan memiliki kecerdasan emosional yang masih rendah, hal ini dapat dilihat dari perilaku peserta pelatihan selama mengikuti pelatihan belum mencerminkan aspek-aspek yang berkaitan dengan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan antara kecerdasan emosional dengan kesiapan kerja di Balai Latihan Kerja Jember, khususnya pada kejuruan pengoperasian mesin bubut dan computer numeric control. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, kemudian dalam menentukan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area, responden dalam penelitian ini berjumlah 32, dengan teknik penentuan responden menggunakan total sampling, kemudian untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kuat antara kecerdasan emosional dengan kesiapan kerja peserta pelatihan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis alternatif diterima dan hipotesis null ditolak.


Keywords


Kecerdasan emosional; kesiapan kerja; pelatihan kejuruan pengoperasian mesin bubut dan computer numeric control

Full Text:

PDF

References


Ade, D., Harahap, F., & Sagala, E. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Paramedic. Jurnal FEB UNMUL, 16(1), 2019–2066. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL

Amri, R. (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Program Menjahit di Kabupaten Bandung Barat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), September 2018 – 139.

Ansori, Y. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Bomans, L., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) (Vol. 4, Nomor 1). http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Lumban, W., & Defina. (2021). Analisis Faktor Kecakapan Sosial Remaja di Desa Aekanauli 1 Kecamatan Pollung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 157–168. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.40798

Makbul, M. (2023). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Makalah Mata Kuliah Kawasan Penelitian Pendidikan Prodi Dirasah Islamiyah Konsentrasi Pendidikan dan Keguruan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 1–38.

Nasekhah, A. (2017). Pengaruh Peran Ganda Terhadap Kinerja Karyawan Wanita di Tempat Kerja di LPP RRI Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), September 2017 – 137.

Ratnasari, S., & Nasrul, H. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 1–10.

Sabilah, J., Nurfandi, R., Silvania, & Saputra, N. (2021). Kesiapan Kerja Generasi Milenial di DKI Jakarta Raya: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Digital. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 225–242.

Salman, M. (2021). Peningkatan Kinerja Aparat Kampung melalui Pelatihan Komputer di Kampung Semurut. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Nomor: 1 (volume: 5), Maret 2021 – 61




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i2.13476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944