PARENTING SELF EFFICACY : STUDI PADA ORANG TUA DENGAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Mengasuh anak berkebutuhan khusus merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua karena memerlukan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan yang lebih dari mengasuh anak-anak normal. Faktanya, tidak semua orang tua memiliki kondisi pengetahuan, kesadaran dan keterampilan yang sama dalam melakukan pengasuhannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kondisi parenting self efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara yang dilakukan terhadap orang tua siswa yang memiliki anak berkubuthan khusus yang dipilih secara purposive berdasarkan jenis disabilitas anak serta kesediaan orang tua yang juga didukung dengan dokumen-dokumen yang dimiliki oleh sekolah maupun orang tua. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan pengumpulan data, reduksi data, peyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus berada pada tingkat self efficacy yang tinggi sebagaimana tampak dari cara pandang orang tua melihat masalah sebagai hal yang positif. Masalah yang ada dianggap sebagai tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Ketika mengalami kegagalan cepat untuk bangkit dan mau mencoba kembali, dan selalu berusaha mencari dan mencoba hal baru sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Bandura, A. (1997). Self Efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company.
Besari, A. (2022). Pendidikan keluarga sebagai pendidikan pertama bagi anak. Jurnal Paradigma, 14(01), 162-176.
Choiriyah, D. W. (2016). Depresi pada ibu dan pengaruhnya dalam perilaku pengasuhan. Proyeksi, 11(1), 65-76.
Coleman and Katherine H. Karraker. (1998). Maternal self-efficacy beliefs as predictors of parenting competence and toddlers' emotional, social, and cognitive developmen. Journal Department of Psychology. West Virginia University. pp. 75-77.
Coleman and Katherine H. Karraker. (2000). Parenting Self‐Efficacy Among Mothers of School‐Age Children: Conceptualization, Measurement, and Correlates. Journal Department of Psychology. West Virginia University, pp. 13-24.
Firdaus, F. (2021). The Relationship Between Democratic Parenting Patterns and Self-Efficacy in Class XI Social Studies Students at SMA N 1 Ranah Batahan.
Gyanina Dianisa Meliala. (2012). Parenting Self Efficacy Pada Ibu Dengan Anak Usia Kanak Kanak Madya Ditinjau Dari Attachment Yang Dimiliki di Masa Lalu. Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia.
Haleni, Fadilla, Faltra. (2023). Resiliensi Ibu Berkarir dalam Mendampingi Kegiatan Belajar Online pada Era Pandemi. Jurnal Vol. 6 No. 02 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Haryanto, E., Yuliyanti, D., & Kartikasari, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 6(2), 11-21.
Himawati, A. (2024). Kecemasan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus dalam Menghadapi Karier Masa Depan Di Desa Pecabean Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 3(2), 125-133.
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak mendapatkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam dimensi politik hukum pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207-222.
Maria. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Universitas Riau. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1
Mutia, E. (2019). Peran Organisasi Forum Komunikasi Keluarga Anak dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) dalam Meningkatkan Kualitas Parenting Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(1), 13-20.
Nadia A. Larasati, Laila Qodariah, dn Poeti Joefani. (2021). Studi Deskriptif Megenai Parenting Self Efficacy Pada ibu yang Memiliki Anak Autism Spectrum Disorder. Jurnal Psikologi sains dan profesi. Vol. 5, No. 1, April 2021 : 1-10.
Nura, A., & Sari, K. (2018). Kebersyukuran pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Ecopsy, 5(2), 73-80.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Ramadhana, R. N. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.
Rani, K., Rafikayati, A. and Jauhari, M.N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), pp. 55–64. doi:10.36456/abadimas.v2.i1.a1636.
Safari dan Murni. (2021). Kesiapan Anak Masuk PAUD Ditinjau dari Figur Lekat. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1
Suharni, S., Kadafi, A., & Pratama, B. D. (2023). Kolaborasi Membangun Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah dan Orang Tua di SLBN Sambirejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 161-167.
Suhartini, J. D., & Malik, A. (2024). Pola Asuh Ibu Tunggal Dalam Keberhasilan Pendidikan Anak. Jendela PLS, 9(1), 86-101.
Sukidin, S., Yudianto, E., Hartanto, W., Hasan, F., Saputri, S. W. D., Fajarwati, L., & Imamyartha, D. (2022). Teachers’ and student teachers’ perception and self-efficacy on character education. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(4), 70-80.
Sunaengsih, C., Karlina, D. A., & Maulana, M. (2020). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10-15.
Valentina, S., Sani, R., & Anggreany, Y. (2017). Hubungan Antara Resiliensi dan Penerimaan orang tua Ibu dari anak yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder. Jurnal Psikologi Ulayat, 4 (1), p. 43-57
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i2.13642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.