PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM ASY-SYARWANI KABUPATEN PONOROGO

Muhammad Irfan Hilmi, Ferlian Livia Kharisma, Arief Tukiman Hendrawijaya, Sringatin Sringatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital dalam pembelajaran daring pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Asy-Syarwani, Kabupaten Ponorogo, dengan fokus utama pada penerapan media seperti Google Form, PowerPoint, dan WhatsApp. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana penerapan media digital tersebut dalam pembelajaran daring dapat mendukung kebutuhan warga belajar secara optimal. Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi secara mendalam bagaimana media digital ini digunakan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang mengutamakan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima komponen utama dalam pemilihan media yang berpengaruh besar terhadap efektivitas pembelajaran daring, yaitu relevansi media dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, kemampuan pengajar dalam menggunakan media, kemudahan penggunaan media, ketersediaan sarana dan prasarata, serta kebermanfaatan media. Pembelajaran daring di PKBM Asy-Syarwani dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media yang digunakan, seperti Google Form, WhatsApp, dan PowerPoint terbukti efektif dalam menyampaikan materi, memberikan tugas, serta melaksanakan evaluasi, yang diikuti dengan ujian akhir semester untuk menilai pemahaman peserta didik secara menyeluruh. Kesimpulannya, Pemanfaatan media digital seperti Google Form, WhatsApp, dan PowerPoint efektif mendukung pembelajaran daring yang fleksibel dan dapat diakses kapan saja. Penerapan media yang tepat membuat pembelajaran di PKBM Asy-Syarwani berjalan lancar dan memberikan hasil maksimal, serta meningkatkan kualitas pendidikan bagi warga belajar

Keywords


Kesetaraan C; Media Digital; Pembelajaran daring;

Full Text:

PDF

References


Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-komponen pembelajaran dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298-304.

Ahmad, B., & Bonso, H. (2020). Peran Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Menangani Kemiskinan Di Era Milenial (Studi Kasus Loka Latihan Kerja Ukm Kabupaten Biak Numfor). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 114-123.

Hisyam, A., Hendrawijaya, A. T., & Indrianti, D, T., Hubungan Antara Penggunaan E-Learning Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi.

Devi, D. P., Saâ, A., & Sulistiono, M. (2021). Implementasi Perencanaan Pembelajaran Oleh Guru Pai Pola Pembelajaran Daring Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sman 1malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(5), 39-49.

Gunarso, G., Sandra, L., & Yap, M. (2023). Determinants for participation in independent learning policy and independent campus programs. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1507-1519.

Haidar, J.I., (2017). Sanctions and Export Deflection: Evidence from Iran. Economic Policy (CEPR) , 32 (90) , pp. 319-355.

Huwaidah, A., Darmiyanti, C. A., & Saprialman, W. D. (2023). Penerapan danPengembangan Kode Etik Tenaga Kependidikan di SMP Islam Tarbiyyatul Falah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 117-125.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95-113.

Rasyid, S. I., Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika, Vol (7), Nomor 1, 1-6.

Rosita, E., Hilmi, M. I., & Imsiyah, N. (2022). " Setara Daring" Learning Management on Learning Results In Package C at PKBM Lestari Banyuwangi. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 349-356.

Selegi, S. F. (2017, December). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.

Sodikin, S., & Gumiandari, S. (2021). Analisis swot mutu evaluasi pembelajaran. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sungkono, S. (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1).

Toriqularif, M. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66-76.

Waritsman, A., & Hastina, R. (2020). Kreativitas Guru dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MA Madinatul Ilmi Ddi Siapo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i2.14554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944