PENERAPAN KONSEP ANDRAGOGI OLEH TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR

Ahmad Syahrudin, Adjid Majid, Lulu Yuliani, Dede Nurul Qomariah

Abstract


Penerapan konsep andragogi oleh tutor kesetaraan paket C menitik beratkan pada motivasi warga belajar sehingga motivasi warga belajar semakin meningkat untuk mengikuti proses pembelajaran dan menumbuhkan keinginan yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan konsep andragogi oleh tutor kesetaraan paket c dalam meningkatkan motivasi belajar paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan bahwa dengan adanya penerapan konsep andragogi dalam aspek yaitu: prinsip, kebutuhan dan karakteristik terpenuhi dalam pembelajaran yang dilakukan, sehingga meningkatnya motivasi belajar warga belajar paket C di SKB kota Tasikmalaya. Penerapan konsep andragogi yang diterapkan mendorong semakin tingginya keinginan untuk belajar karena metode pembelajaran yang digunakan tutor selalu bervariasi, dan menarik untuk disimak. Hal inilah yang membuat warga belajar memahami dan mengerti pembelajaran yang telah disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Arif Zaenudin. (2012). Andragogi. Bandung: Angkasa.

Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Kamil Mustafa. (2014). Andragogi. Bandung: Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia. Megawati Apriliyana. (2013). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi) Pada Program Life Skill Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati. Semarang: Jurnal. PLS UNNES.

Knowles, Malcolm. (1977). The Adult Learner: A Neclected Selection. Houston: Gulf Publishing.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Srinivasan, L (1977). Perspectives on Non Formal Adult Learning: Functional Education For Individual, Community and National Development, Connecticut Prentice Hall.

Sudjana, D. (2000), Pendidikan Luar Sekolah, Sejarah, Azas, Bandung Falah Production.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v4i1.1597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944