PENGELOLAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI PROGRAM KURSUS MENGEMUDI MOBIL DI LKP GITA PERTIWI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan pendidikan kecakapan hidup pada program kursus mengemudi mobil di LKP Gita Pertiwi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan pendidikan kecakapan hidup melalui program kursus mengemudi mobil di LKP Gita Pertiwi disusun sesuai dengan visi dan misi lembaga dengan menerapkan fungsi-fungsi pengelolaan yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/penggerakan, dan pengawasan. Adapun pendidikan kecakapan hidup pada program kursus mengemudi mobil yaitu: a) kecakapan personal yang lebih mengarahkan warga belajar untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya; b) kecakapan sosial lebih menekankan agar warga belajar mampu berkomunikasi dengan pihak lain untuk memudahkan dalam melakukan kerjasama; c) kecakapan akademik lebih menekankan pada penambahan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki warga belajar berkaitan dengan mengemudi mobil; d) kecakapan vokasional di LKP Gita pertiwi tidak ada tingkatan level, dimana kemampuannya dilihat dari tingkat keberaniannya dalam mengemudikan mobil dengan baik dan benar.
Full Text:
PDFReferences
Brunelle, et.al., (2007). The Impact of a Sport-Based Life Skill Program on Adolescent Prosocial Values. Journal of Applied Developmental Science, Vol. 11, No. 1, 43–55
Clark and Duwe, (2013). An Outcome Evaluation of a Prison-Based Life-Skills Program: The Power of People. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, Vol. 59(4) 384–405 DOI: 10.1177/0306624X13509444
Dirjen PLS. (2003). Program Life Skills Melalui Pendekatan Broad Based Education (BBE). Jakarta: Direktorat Tenaga Teknis Depdiknas.
Hamalik, O. (2004). Pendidikan dan Pelatihan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, A. K. et al. (2018). “Pembelajaran Kursus Mengemudi Mobil di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cemerlang Teknik Kota Bengkuluâ€. Jurnal Pengembangan Masyarakat Vol. 1.(2).13-20.
Permendikbud RI No. 81 Tahun 2013 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
Rahmat, A. (2017). Manajemen Pendidikan Nonformal. Gorontalo: WADE.
Raenaldi, A. et al. (2016). “Pertanggungjawaban Pidana Mengenai Lembaga Pelatihan Mengemudi Mobil yang Membahayakan Pengguna Jalan Umumâ€. Diponegoro low Journal Vol. 5.(4).1-13.
Rahayu, R. dan Widiastuti, N. (2018). â€Upaya Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang)â€. Jurnal Comm-Edu Vol. 1.(2).57-65.
Rinduanita, Y. F. (2016). “Rancang Bangun Sistem Informasi Kursus Mengemudi Berbasis Web pada Lembaga Kursus Mengemudi Berlian. Jurnal Manajemen Informatika Vol. 7. (2).73-82.
Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Sulastri, L. (2014). Manajemen Sebagai Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung: La Goods Publishing.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v4i1.1598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.