EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI PKBM DANIS JAYA KOTA TASIKMALAYA

Alma Nurbaitillah Suryana, Ahmad Hamdan, Lilis Karwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemenuhan standar penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di PKBM DANIS JAYA Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode CIPP yaitu terdiri dari komponen konteks (Context), masukan (Input), proses (Process), dan hasil (Product). Hasil penelitian, yaitu: (1) tingkat pendidikan kepala sekolah dan guru belum sesuai dengan kriteria dalam standar PAUD, masih dijumpai sebanyak 78% berlatar pendidikan SMA; (2) sebanyak 80% guru belum pernah mendapatkan pelatihan tentang pendidikan anak usia dini; (3) fasilitas gedung tempat pelaksanaan proses pembelajaran masih sangat minim; (4) fasilitas alat belajar di kelas yang berupa alat peraga edukatif (APE) sangat minim dalam jenis maupun jumlahnya; (5) fasilitas tempat pembelajaran di luar kelas sangat tidak memadai; dan (6) belum ada kegiatan pembinaan bagi para kepala sekolah dan guru. Dari hasil evaluasi ini telah dibuat rekomendasi untuk pemerintah beserta pihak-pihak yang berwenang bahwa untuk dapat mencapai kualitas hasil belajar yang tinggi pada anak usia dini, harus ada pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. Cepi, S. A. J (2009). Tyler, Ralph. 1950. Models Of Teaching, New Yersey: Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Mulyatiningsi, E. 2011. Matode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 137 tahun 2014 tentang standar PAUD.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 halaman 6 tentang Sistem Penddikan Nasional.

Cholimah, Nur. (2008). Implementasi Program Pembelajaran PAUD. Tesis . UPI: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944