EVALUASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TERHADAP PENINGKATANTARAF HIDUP WARGA BELAJAR DI PKBM DANIS JAYA KOTA TASIKMALAYA

Anggriani Yustialti, Ahmad Hamdan, Wiwin Herwina

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya (2) Bagaimana hasil belajar pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, menyebar angket, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitian yakni pengelola kesetaraan paket C PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya, tutor kesetaraan paket C, dan warga belajar kesetaraan paket C. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya warga belajar memiliki kemampuan, peningkatan ekonomi dan kretivitas dalam berwirausaha. Namun pada kenyataannya tidak semua warga belajar kesetaraan paket C dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil belajar kesetaraan paket C dapat meningkatkan taraf hidup yaitu dilihat dari pekerjaan dan pendapatan, kesejahteraan sosial sudah banyak peningkatan. Adapun faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Faktor pendukung yakni penyampaian materi pembelajaran dengan baik dan sesuai kebutuhan warga belajar, adanya dukungan dari pengelola kesetaraan paket C, dukungan dari keluarga, adanya bantuan dari pemerintah. Sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya motivasi dari tutor, jadwal pembelajaran dan jarak tempuh.

Full Text:

PDF

References


Akib, Haedar dan Antonius Tarigan. (2000). Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya. Jurnal.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixid. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djaali, Puji Mulyono, dan Ramly. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ.

Elis Ratna Wulan dan A. Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru(Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ngalim Purwanto. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944