UPAYA PENGELOLA PKBM DALAM MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA BACA MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT

Lilis Karwati

Abstract


Membaca dapat meningkatkan pengetahuan yang belum pernah diketahui sebelumnya, akan tetapi kurangnya minat baca masyarakat disebabkan oleh kesibukan dalam kegiatan seharian dengan berbagai macam aktifitas yang dilakukan masyarakat, bahkan kebanyakan masyarakat lebih senang menggunakan gawai dari pada harus membaca buku. Maka pengelola PKBM berinisiatif mengajak masyarakat khususnya warga belajar untuk memanfaatkan waktu luangnya melalui kegiatan budaya baca di perpustakaan sebagai Taman Bacaan masyarakat PKBM GEMA Kota Tasikmalaya. upaya yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan literasi budaya baca dengan melakukan berbagai perlombaan membaca, pembacaan puisi kreatif, membacakan buku, buku bergambar, cerita dan promosi buku. Tujuannya memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan keilmuan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menambah wawasan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif Teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis penelitian menunjukan kegiatan budaya baca melalui taman bacaan di PKBM GEMA dapat meningkatkan wawasan pengetahuan ketrampilan masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif, Simpulan upaya yang dilakukan oleh pengelola melalui literasi Budaya Baca dalam pelaksanaannya membantu pembiasaan masyarakat dalam membaca serta memberikan informasi sebagai bekal dalam meningkatkan kecakapan hidup 

Kata kunci: Upaya Pengelola, literasi, Budaya Baca.

Full Text:

PDF

References


Gustini. (2016). Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Mejemuk Melalui Tutor Sebaya). Yogyakarta: Deepublish

Hatimah I, et al. (2010). Pendidikan Keaksaraan Keluarga dan Minat Baca. Bandung: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI

Henry. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Kamil, M. (2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta

Shaleh, (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Helzi, et al. (2013). “Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswaâ€. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan 1. (2). 137-145.

Pramuji, W. (2013). Keberlanjutan Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Jurnal Pendidikan Humaniora). Volume 1 Nomor 1. [Online]. Tersedia: http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/3960/759 [19 November 2018]

Setiawan, I.A (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. [Online], Tersedia: https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/ [11 November 2018]

Tn (2017). 10 Pengertian Minat Menurut Para Ahli. [Online], Tersedia: https://dosenpsikologi.com/pengertian-minat-menurut-para-ahli [11 November 2018]

Rokhman (2018). Inilah 6 Literasi Dasar Yang Perlu Anda Tahu . [Online], Tersedia: https://www.kompasiana.com/omank/5a83a394dcad5b29f823ffe2/inilah-6-literasi- dasar-yang-perlu-anda-katahui?page=all [11 November 2018]

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 43 Tahun 2007 Tentang perpustakaan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti, melalui berbagai gerakan literasi.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v5i1.2674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944