IMPLEMENTASI PROGRAM BINA KELUARGA BALITA (BKB) GUNA MENDUKUNG KAPASITAS PENDIDIKAN ORANGTUA DALAM PENGASUHAN ANAK

Dede Nurul Qomariah, Siti Zaenab, Dodi Alamsyah, Opal Sihabudin

Abstract


Program bina keluarga balita (BKB) merupakan salah satu media pelayanan kesehatan yang dikembangkan oleh BKKBN guna meningkatkan keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program BKB guna mendukung kapasitas pendidikan orang tua dalam pengasuhan anak. Metode penelitian deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program BKB yang berjalan di Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya masih kurang efektif, dikarenakan beberapa hal yani: a) pelaksanaan program BKB yang dilaksanakan hanya satu bulan sekali sehingga intensitas pendidikan orang tua dalam program ini berkurang; b) sarana dan prasarana untuk melaksanakan program BKB kurang memadai (misal gedung untuk pembelajaran, kualifikasi kader, modul atau bacaan bagi peserta program); c) rendahnya partisipasi peserta program dalam mengikuti kegiatan sebagai akibat dari minimnya kesadaran dan pengetahuan peserta tentang manfaat program bina keluarga balita.

Full Text:

PDF

References


Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. (2009). Pengasuhan dan Pembinaan

Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Direktorat Pengembangan Ketahanan Keluarga Badan

Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Barlow J, Johnston I, Kendrick D, Polnay L, Stewart-Brown S: Individual and groupbased

parenting programmes for the treatment of physical child abuse and neglect. Cochrane

Database of Systematic Reviews 2006 (3)

Child and Family Agency. (2013a). Investing in families: Supporting parents to improve

outcomes for children. Dublin: Child and Family Agency.

Croake, J. W., & Glover, K. E. (1977). A History and Evaluation of Parent Education. The

Family Coordinator, 26(2), 151–158.

Dermott, E. (2015). ‘Good’ Parenting Practices: How Important are Poverty, Education and

Time Pressure?. Sosiology Journal sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav DOI:

1177/0038038514560260.

Department of Social Development (DSD) (2012a) ‘Annual Report’. Pretoria: DSD.

Department of Children and Youth Affairs. (2015). High-level policy statement on supporting

parents and families (‘Parenting and Family Support’). Dublin: Department of Children

and Youth Affairs.

Gaventa, J., & Cornwall, A. (2009). Power And Knowledge. In P. Reason, & H. Bradbury

(Eds.), Handbook Of Action Research: Participative Inquiry And Practice (pp. 172–189).

London: SAGE.

Gross, D., Fogg, L., & Tucker, S. (1995). The Efficacy Of Parent Training For Promoting

Positive Parent Toddler Relationships. Research in Nursing & Health, 18(6), 489–499.

Kaminski, J. W., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of

components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal

Child Psychology, 36, 567–589. doi:10.1007/s10802-007-9201-9

Lam, C. M., & Kwong, W. M. (2014). Powerful parent educators and powerless parents: The

‘empowerment paradox’ in parent education. Journal of Social Work, 14, 183–195.

doi:10.1177/1468017313477779

Leung, T. T. F., & Lam, C. M. (2009). The warrants of parenting: Emotionality and

reflexivity in economically disadvantaged families. Journal of Social Work Practice,

,353–367. doi:10.1080/02650530903102767

Low, Y T A. (2015). Can Hong Kong Chinese Parents And Their Adolescent Children

Benefit From An Adapted UK Parenting Programme. SAGE: Journal of Social Work,

(0) 1–18.

Luluk Asmawati dkk, (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Mukhtar Latif dkk (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Fajar

Interpratama Mandiri.

Nuala Connolly & Carmel Devaney (2017): Parenting Support: Policy and Practice in the

Irish Context, Child Care in Practice, DOI: 10.1080/13575279.2016.1264365

To, S. M., So, Y. Y., & Chan, T. S. (2014). An exploratory study on the effectiveness and

experience of a parent enhancement group adopting a narrative approach. Journal of

Social Work, 14, 41–61. doi:10.1177/1468017313475554

To, siu-ming, et.al. (2016). Supporting parents in late modernity through parent education: A

mixed-methods study in Hong Kong. Journal of Social Work,

sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav DOI: 10.1177/1468017316656090.

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan

Pembangunan Keluarga Berencana

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 Tentang Pembangunan Kependudukan Dan

Pembangunan Keluarga Sejahtera

Wright, K. W., & Wooden, C. (2013). An evaluation of a parent-developed, parent-run parent

education program. Journal of Family Social Work, 16, 164–183.

doi:10.1080/10522158.2012.762596.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v5i2.2703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944