MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA KURSUS TOEFL CAMP DI LEMBAGA ELFAST KAMPUNG INGGRIS-PARE KABUPATEN KEDIRI

Nadia Saputri, Tri Joko Raharjo, Emmy Budiartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran kursus TOEFL camp di Lembaga Elfast. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaiu 1 pengelola, 6 tutor dan 5 peserta kursus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interakti miles-huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan pembelajaran tidak disusun terstruktur dan sistematis. Tutor menyusun materi dan jadwal, memilih media, metode sesuai materi, kondisi peserta, dan kemampuan tutor, 2) pelaksanaan pembelajaran di kelas dan camp meliputi kegiatan pembuka, inti dan penutup, dengan ceramah, diskusi, game, punishment, reward. Tutor memberi bimbingan dan tindak lanjut, 3) evaluasi pembelajaran dengan tes melalui 13 kali penskoran 4) faktor pendukung pembelajaran yaitu tutor berpengalaman, lingkungan belajar, sistem scanning untuk penskoran. Faktor penghambat meliputi perbedaan kemampuan dasar bahasa Inggris peserta, jadwal mengajar tutor camp terlalu padat.

Full Text:

PDF

References


Derajat, Zakiyah. 2012. Industrialisasi Bahasa Inggris Di Kampung Inggris. Universitas Gajah

Mada.

Ernawati, Mulyono, Sungkowo Edy. 2017. Manajemen Pembelajaran Pogram Paket C Di Pkbm

Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education Vol 3 No 1 Hal 60-71.

Habiby. Himmawan. 2015. The Teaching of Toefl Test Preparation Atram English Course.

Universitas Negeri Surabaya. Vol 3 No 2.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kustiono. 2013. Teori Belajar Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Yogyakarta:

Deepublish.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: Unnes Press.

____________. 2007. Evaluasi Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Seferoglu, Gölge. 2001. English Skills Needed for Graduate Study in The Us: Multiple

Perspectives. International Review of Applied Linguistics in Language Teaching (Iral). Vol

No 10 Issue 2.

Sheshkelani, Aylar P., Dkk. 2012. An Investigation of Relationship Between Test Preparation and

Test Performance of Iranian Efl Learners On Listening Skill in Toefl. International Journal

of Basic & Applied Sciences Ijbas-Ijens.Vol 12 No 2.

Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Sugeha, Anisa Zuhria. 2015. Students’ Motivation On Learing English at Toefl Programm of Elfast

English Course in Pare. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pendidikan Nonformal. Semarang.

Sutrisno, Adi. 2008. Panduan Lengkap Persiapan Toefl. Yogyakarta: Ugm Press

Syaifurrahman Dan Ujiati. 2013. Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wena, Made 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyaka, Kusumawardhani, Dkk. 2012. Model Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kampung Inggris.

Skripsi. Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v5i2.2707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944