PENINGKATAN MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR MELALUI KAMPUNG LITERASI DI PKBM AL-HIDAYAH TASIKMALAYA

Wiwin Herwina

Abstract


Membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun demikian, minat membaca warga belajar di Indonesia sampai dengan sekarang ini sangatlah rendah. Rendahnya minat baca di Indonesia dilihat dari beberapa bukti-bukti maupun riset yang sudah dilakukan. Hal tersebut mendorong penulis untuk mengkaji kampung literasi dalam meningkatkan minat baca warga di PKBM AL-Hidayah Tasikmalaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai peningkatan minat membaca warga belajar melalui Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Al-Hidayah Tasikmalaya. Kajian ini menggunakan metode penelitian dan mengembangkan teknik studi kasus,data dianalisis secara deskriptif kualitatif.starategi yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca warga belajar melalui pembiasaan terhadap kegiatan membaca berbagai wacana dan teks buku yang disediakan serta adanya pendampingan dari pihak pengelola PKBM dalam meningkatkan minat baca memberikan informasi sebagai motivator agar tumbuhnya,kepercayaan diri dan ada kemauan untuk membaca, serta sebagai sumber hiburan masyarakat Hasil temuan menunjukan dengan adanya kampung literasi warga belajar lebih peduli dan kondusip terhadap lingkungan sekitar, adanya kecintaan gemar terhadap pembiasaan membaca, warga belajar lebih kreatif dalam mengumpulkan data informasi yang di butuhkan melalui teks buku bacaan.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Imam.(2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Idris, Meity H, dkk. (2015). Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini.Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Kalida, Muhsin. (2012). Strategi Networking PKBM. Yogyakarta: Cakruk Publishing.

________. (2014). PKBM di PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya.Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Petunjuk Teknis Program Kampung Literasi dan Pengajuan Bantuan Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Dirjen PAUDNI.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penyelenggaraan Program Kampung Literasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Ratnasari, Puspita. (2011). Asyiknya Membaca. Jakarta: Prestasi Pustaka Anak.

Salim & Formen. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiarawacana

Sudarsana, Undang. (2015). Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutarno. (2011). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Buku Obor.

UNESCO. (2011). Creating And Sustaining Literate Environments. Bangkok, Thailand: UNESCO Bangkok.

Journal

SEWAGATI, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat – LPPM ITS Vol. 2 No. 1 2018

e-ISSN 2613-9960 ( https://www.researchgate.net/publication/325652860 )

Khoiruddin, M.Arif. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat Journal An-nafs, Vol. 1 No.2 Desember 2016.

Shofaussamawati. (2014) Menumbuhkan Minat Baca dengan PengenalanPerpustakaan Pada Anak Sejak Dini. Libraria, Vol.2 No.1

Yanto, A., Rodiah, S. & Lusiana, E. (2016). Model Aktivitas Gerakan Literasi Berbasis Komunitas Di Sudut Baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol. 2 No. 1, Juni 2016.

Siswati,(2010) Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I) Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No.2, Oktober 2010




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v5i2.2712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944