MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak
Mutu suatu pendidikan dapat mempengaruhi lulusan suatu lembaga persekolahan baik formal maupun nonformal. Manajemen program pendidikan yang dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan mutu pendidikan meskipun dalam prosesnya secara bertahap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, diantaranya peserta didik yang menguasai IT masih sedikit, proses pembelajaran yang tidak terkontrol, penyebaran informasi pembelajaran berbasis ICT belum merata, peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat, serta sulitnya peserta didik menyesuaikan diri dengan peserta yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari delapan informan dan data administratif lembaga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, secara keseluruhan telah sesuai dengan apa yang diharapkan dan berjalan secara terstruktur serta telah mencapai tujuan seperti yang diharapkan, yaitu mutu pendidikannya meningkat. Dapat disimpulkan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Kata Kunci: Manajemen, paket C, Mutu, Pendidikan.
Â
Abstract
The quality of an education can affect the graduates of a schooling institution, both formal and non-formal. Well-managed education program management will be able to improve the quality of education even though it is through a gradual process proses. The purpose of this research was to find out how the package C equivalence management process at SKB Tasikmalaya City in improving the quality of education. This research was conducted because several problems were found that could affect the quality of education, including only a few students who mastered IT, the learning process was not controlled, the dissemination of information on ICT-based learning was not evenly distributed, students wanted easy and fast services, and the difficulty of students adapting with other participants. This research uses descriptive qualitative methods, which are problem solving obtained by describing the state of the object or research subject based on facts in the field. The data sources used are primary data and secondary data obtained from eight informants and institutional administrative data. Data collection techniques in this study are through observation, interviews, and documentation. The instruments used are observation and interview guidelines. Based on the results of the study, it was found that the management of the package C equivalence education program which includes aspects of planning, organizing, actuating, monitoring and evaluating functions, Overall, it has been in accordance with and is running in a structured manner and has achieved the expected goals. It can be concluded that the management of the package C equivalence education program at the Tasikmalaya City SKB can gradually improve the quality of education.
Keywords: Management, package C, Quality, Education
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amirullah, dan Hanafi. (2002). Pengantar Manajemen , Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Direktorat, Dikmenum. (2000). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Djudju Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Falah Production.
__________. (2006). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung: Falah Production.
Hamid, hamid. (2018). Manajemen berbasis sekolah. Al-khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Journal electronic. Vol 1. Hal 87-96. 10.24256/jpmipa.v1i1.86. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328635158
Hasibuan, Malayu. (1987). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Haji Masagung.
_______________. (2004). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi, Cet-3. Jakarta: Bumi Aksara.
Mansoer, H, Hamdan. (1989) Pengantar Manajemen. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2011). Metode penelitian Pendidikan. pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cet-7. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.3624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.