KEIKUTSERTAAN ANGGOTA PRAMUKA GENERASI Z TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PLUS AL-KAUTSAR MALANG

Ali Murtadha, Zulkarnain Zulkarnain, Edi Widianto

Abstract


Mengikuti perkembangan zaman, khususnya di era i-generation, manusia harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Sebagian besar perubahan kepribadian yang terjadi bisa positif maupun negatif sepenuhnya tergantung pada generasi ini. Tanpa disadari, generasi ini kekurangan moral dan penurunan nilai karakter, mereka sangat mudah terlena dan terpengaruh oleh kemajuan zaman. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan anggota pramuka generasi Z dengan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan korelasi sederhana dengan mengambil populasi anggota pramuka SMP Plus Al-Kautsar Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 119 responden penelitian yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa keikutsertaan anggota pramuka generasi Z dikategorikan ke dalam tingkat yang tinggi, hasil analisis implementasi nilai-nilai pendidikan karakter juga dikategorikan ke dalam tingkat yang tinggi dan terdapat hubungan antara keikutsertaan anggota pramuka generasi Z dengan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter.


Keywords


Keikutsertaan Anggota Pramuka, Pendidikan Karakter, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118

Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Ali, M. (2018). Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dalam Membangun Harmoni Ditengah Kemajemukan (Studi Kasus Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Unit Kegiatan Pramuka IAIN Metro). FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(1), 29. https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.219

Aslan. (2017). Makna Pendidikan Karakter Dalam Strategi Pembelajaran Di Setiap Sendi-Sendi Pendidikan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 4(2), 111–119.

Aulianto, D. R. (2020). N-JILS Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality di Library Innovation Through Augmented Reality and. 3(1), 103–114.

Erlianti, G., & Ardoni. (2019). Urgensi Literasi Digital untuk Generasi Z: Studi Kasus SMPN 4 Palembayan, Kabupaten Agam. Nusantara Journal of Information and Library Studies, 2(2), 189–204.

Fitryani, V., & Yakub, M. (2017). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 77–94.

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan Bonus Demografi dengan Teori Generasi. Jurnal Registratie, 1(1), 21–36. http://eprints.ipdn.ac.id/5698/1/Keterkaitan Bonus Demografi Dengan Teori Generasi.pdf

Munadi. (2019). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten). 51–73.

Musa, S., Pangayow, W., & Kamuli, S. (2017). Pembinaan Karakter Tanggung jawab Melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Journal Riset Dan Pengembangan Pengetahuan, 2(2), 308–316.

Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. Psikologi Pendidikan, April, 66–75. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/9-Literature-Review-Perbedaan-Pendidikan-Karakter-Yang-Diterapkan-Pada-Generasi-X-Y-Dan-Z-66-75.pdf

Pradnyani, N. W. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dalam Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tahun 2014/2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–11.

Sofyar, Silaen. Heriyanto, Yayak. 2017. Pengantar Statistika Sosial. Jakarta : IN

MEDIA.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.

Wijayanti. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Metode Kepramukaan Di Sekolah Dasar Taman Muda Jetis Yogyakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 01(465), 106–111.

Yemima, K. (2021). Aplikasi Ibrani 12:5-13 sebagai Model Pendidikan Karakter Disiplin Anak Generasi Z dalam Keluarga Kristen di Era New Normal Pandemi Covid-19. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(1), 15. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.203

Yulianti, A., Danial, A., Syaefuddin, & Hamdan, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial. Jurnal Cendekiawan Ilmiah, 4(2), 46–51.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1.4945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944