Penyempurnaan Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam Untuk Anak Remaja Melalui Kegiatan Spiritualitas (Didikan Shubuh)
Abstract
Menurut Cooper dan Sawaf (1999), kecerdasan emosi adalah kemampuan merasakan,memahami dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energy, informasi, koreksi dan pengaruh yang manusiawi. Pendidikan Islam sangat tepat dalam memengaruhi emosional para remaja kearah yang lebih baik dan bisa mengendalikan apa yang akan dipikirkan , diucapkan , dan lalu diperbuat. Hal ini dilakukan demi kebaikan remaja sehingga mereka tidak terjerumus ke hal yang bathil. Dengan kegiatan seperti Majlis Remaja Islam, pelaksanaan kegiatan didikan subuh , remaja lebih terarah dalam kesehariannya, bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, keluarga, dan diri pribadi mereka. Ilmu yang didapat seperti pengayaan makna dalam Al-Quran dan Hadist ,kegiatan kesenian seperti syair dan berbagai musyawarah yang dilakukan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Spiritualitas bagi para remaja dibutuhkan agar dapat membentengi diri dari tindakan maksiat dan lebih kurang meminimalisir segala bentuk penyimpangan yang ada di kehidupan mereka sehari-hari karena pemikiran dunia ini hanya sementara dan akhirat kekal untuk selamanya menjadi moto bagi kita untuk hidup secara seimbang dan tidak melalaikan dan melebihkan diantara keduanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dr. Vladimir, V. F. (1967). 済無No Title No Title No Title. GastronomÃa Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Hamdan, S. R., & Bandung, U. I. (2019). KECERDASAN EMOSIONAL DALAM AL-QUR ’ AN Raihana Hamdan Abstrak Pendahuluan Semenjak Nabi Muhammad SAW menerima Al- Qur ’ an sebagai wahyu yang dilakukan . Banyak perintah Nabi Muhammad SAW yang mengatakan betapa mulianya seseorang yang berusaha menghafalka. Journal of Psychological Research, (August 2008), 35–45.
Nisa, A. W. C., & Susandi, A. (2021). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 154–170. https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.236
Nisya, L., & Sofiah, D. (2012). Religiusitas, Kecerdasan Emosional Dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 7(2), 562–584.
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.