DINAMIKA KELOMPOK PENGUSAHA WARUNG SATE AYAM KHAS AMBAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN TARAF HIDUP

Roviana Roviana, Abdul Malik

Abstract


Desa Ambalresmi mengalami perkembangan yang pesat dengan keberadaan Usaha Sate Ayam Khas Ambal yang semakin banyak dan kemudian membentuk sebuah Paguyuban Keluarga Pengusaha Sate Ayam Khas Ambal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis dinamika kelompok pengusaha sate ayam 2) mendeskripsikan dan menganalisis proses belajar pengusaha sate ayam 3) mendeskripsikan dan menganalisis dampak dinamika kelompok dalam peningkatan taraf hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian ini adalah ketua dan anggota paguyuban sate. Ketua RT dan salah satu warga RT 04/03 sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode/teknik. Teknik analisis menggunakan model interaktif Milles & Huberman meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) dinamika paguyuban pengusaha sate ayam berjalan dinamis. Terlihat unsur dinamika seperti pengembangan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok dan keefektifan kelompok sudah berjalan. 2) proses belajar yang dilakukan oleh pengusaha sate dengan mengamati dan menerapkan, belajar sambil bekerja, serta dengan adanya kegiatan bersama paguyuban melalui pertemuan rutin dan adanya bimbingan, sosialisasi serta pelatihan dari dinas terkait. 3) dampak pada peningkatan taraf hidup dengan berkembangnya usaha sate dirasakan oleh pengusaha sate itu sendiri yaitu pendapatan meningkat, memenuhi kebutuhan pokok, mengembangkan usaha, pendidikan anak tercukupi dan transportasi memadai. Sedangkan untuk masyarakat sekitar yaitu masyarakat sekitar membuat usaha yang menunjang usaha sate seperti usaha ketupat, tempe dan penggilingan bumbu.


Keywords


Nonformal Education; Dinamika Kelompok; Pendidikan Seumur Hidup

Full Text:

PDF

References


Andarwati, S., Guntoro, B., & Haryadi, F. T. (2012). Dinamika Kelompok Peternak Sapi Potong Binaan Universitas Gadjah Mada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan, 10(1), 39–46.

Arifin, B. S. (2015). Dinamika Kelompok. CV PUSTAKA SETIA.

Billett, S. (2018). Distinguishing lifelong learning from lifelong education. Journal of Adult Learning, Knowledge and Innovation, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.1556/2059.01.2017.3

Desmawati, L., Rifai, A., & Mulyono, S. E. (2015). Penanggulangan Masyarakat Miskin Kota Rawan Kriminalitas Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Jalur Pendidikan Nonformal di Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 1(1), 1–8. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/3986/0

Malik, & Mulyono. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87–101.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944